Follow detikFinance
Rabu 13 Dec 2017, 13:01 WIB

Pertamina Kurangi Pasokan ke Agen Elpiji 3 Kg di Brebes

Imam Suripto - detikFinance
Pertamina Kurangi Pasokan ke Agen Elpiji 3 Kg di Brebes Foto: Imam Suripto
Brebes - Kesulitan gas elpiji bersubsidi (kg) di wilayah Brebes, Jawa Tengah sejak beberapa waktu lalu akibat ada pengurangan penyaluran dari pihak Pertamina. Periode Oktober dan November kuota tiap agen dikurangi antara 4 sampai 5 LO. Satu LO setara dengan 560 tabung.

Kasubag SDM dan Energi Bagian Perekonomian Setda Brebes, Karim memaparkan, tiap agen di Brebes pada bulan Oktober dan November dikurangi kuota penyalurannya. Ada 17 agen yang ada di Brebes dan masing masing dikurangi sebanyak 4 sampai 5 LO.

"Pengurangan kuota penyaluran ini kebijakan Pertamina untuk cadangan dan akan dikeluarkan apabila terjadi lonjakan permintaan gas pada saat Natal dan tahun baru 2018," kata Karim, saat ditemui di kantor Setda, Rabu (13/12/2017) siang.

Secara keseluruhan, kuota penyaluran gas bersubsidi di Brebes sebanyak 1.250.000 sampai 1.300.000 per bulan. Pada saat hari raya akan ada peningkatan kebutuhan gas. Pada hari raya lebaran misalnya, kenaikan kebutuhan gas mencapai 10-12 persen, dan hari raya natal sebanyak 5-7 persen.

"Dengan saving masing masing agen sebanyak 4-5 LO maka tiap bulan menyimpan 38.250 ribu tabung. Karena dilakukan selama dua bulan akan ada cadangan 76.500 tabung atau 2 persen dari kuota bulanan. Ini saja masih kurang karena kenaikan kebutuhan natal antara 5-7 persen," papar Karim.

Cadangan ini akan dikeluarkan mulai tanggal 24 Desember nanti hingga tahun baru. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed