Follow detikFinance
Rabu 13 Dec 2017, 19:23 WIB

Operasi Pangan di Gowa Temukan Tabung Elpiji Tak Standar

Mei Amelia R - detikFinance
Operasi Pangan di Gowa Temukan Tabung Elpiji Tak Standar Foto: Dok. Istimewa
Gowa - Polres Gowa, Sulawesi Selatan, mengecek kebutuhan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru. Pengecekan dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dalam mendukung kelancaran distribusi komiditas bahan makanan pokok.

"Sesuai arahan Kapolri dan Kapolda Sulawesi Selatan, kami dari jajaran Polres Gowa melakukan pengecekan ke sejumlah pasar untuk mengetahui ketersediaan bahan makanan pokok dan sekaligus untuk menjaga stabilitas harga menjelang Natal dan Tahun Baru," jelas Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga kepada detikcom, Rabu (13/12/2017).

Operasi tersebut dilaksanakan di Pasar Induk Minasamaupa di Jl Poros Pallangga dan juga di beberapa distributor gas elpiji, seperti di PT Sama Jaya di Jl Malino Sombaopu, PT Megah Mitra Energi Sejahtera di Jl. Poros Limbung Takalar dan di PT Jaya Gas Bakti di Jl. Poros Limbung Takalar. Operasi digelar bersama pihak Disperindag Pemkab Gowa.

Shinto melanjutkan, di PT Sami Jaya, petugas menemukan adanya tambahan besi lempeng ukuran 20 Cm pada bodi tabung 12 Kg dan besi lempeng ukuran 10 cm pada body tabung gas 3 Kg. Temuan yang sama juga terdapat di PT Jaya Gas Bakti.

"Itu akan kami dalami (temuan lempeng tambahan pada tabung gas), artinya temuan kami melihat adanya tabung yang tidak standar," sambung Shinto.

Sementara hasil pengecekan di Pasar Induk Minasamaupa, petugas menemukan adanya barang dagangan yang kedaluwarsa.

"Yaitu berupa dua bungkus sambal 'Sasa', dekapan botol sambal 'Sasa', sebungkus Nutricake Brownies, enam bungkus antaka jagung manis dan biskuit 'Hattari'," papar Shinto.

Dari hasil pengecekan itu, polisi mengamankan 4 buah tabung gas 3 Kg dan 12 Kg, serta barang dagangan yang kedaluwarsa di pasar induk. Polisi juga memeriksa terhadap para pelaku usaha tersebut.

"Mengenai temuan lempeng tambahan pada tabung gas, kami akan berkoordinasi dengan pihak Pertamina dan Dinas Metrologi," tandas Shinto. (mei/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed