Follow detikFinance
Kamis 14 Dec 2017, 17:35 WIB

Di Selandia Baru, Alex Noerdin 'Jualan' Karet hingga Panas Bumi

- detikFinance
Di Selandia Baru, Alex Noerdin Jualan Karet hingga Panas Bumi Foto: Dok Pemprov Sumsel
Wellington - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menjadi pembicara dalam Round Table Business Forum di Selandia Baru. Dalam acara itu, Alex 'jualan' berbagai proyek yang sedang dikerjakan di Sumsel untuk menarik minat investor.

Dalam rilis yang diterima dari Pemprov Sumsel, Kamis (14/12/2017), Alex banyak menjelaskan potensi alam Sumsel seperti karet dan geothermal (panas bumi). Acara digelar di Wellington Club The Terrace, Wellington, Selandia Baru, Rabu (13/12).

Alex juga menjelaskan soal kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Tak hanya itu, Alex juga banyak 'jualan' potensi Sumsel di bidang infrastruktur pelabuhan laut dalam. Pelabuhan laut dalam bisa dijadikan pergerakan arus barang dari dan keluar Sumsel lebih cepat dan dinamis.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya mengatakan Alex seorang yang visioner dan berdedikasi tinggi. Sumsel memiliki 60 persen panas bumi dan menjadi penghasil karet terbesar di Indonesia.

Menurut Tantowi, Sumsel pantas dipromosikan ke Selandia Baru karena Sumsel termasuk satu dari lima provinsi yang sangat terasa pergerakan perkembangannya. Belum lagi potensi ekonomi yang diakuinya memang banyak.

"Ada puluhan orang bussinessman, importir dan pengusaha yang ikut paparan. Respon mereka sangat positif terutama soal pengembangan kawasan KEK Tanjung Api Api dan Tanjung Carat," jelasnya.

Tantowi mengatakan selama ini yang paling sering promosi keluar negeri adalah provinsi-provinsi dari kawasan pulau Jawa. Karena itu setelah dia melihat perkembangan Sumsel yang demikian pesat, Tantowi mencoba menawarkan kesempatan ini ke Gubernur Sumsel agar potensi yang ada bisa dikenal para investor yang ada di luar negeri termasuk Selandia Baru.

"Saya lihat minat investor dari luar yang mau berinvestasi ke Indonesia ini besar sekali. Termasuk ke Sumsel. Makanya pak Gubernur kita minta paparan, inilah saatnya biar investor makin kenal dengan Sumsel," tambahnya.

Setelah melakukan upaya promosi ini, diharapkan akan banyak investor yang follow up potensi-potensi apa saja yang menarik bagi mereka untuk dikembangkan dan dikerjasamakan.

"Kita harapkan akan banyak yang follow up, kalau mereka serius kita akan ajak mereka datang ke Sumsel sekalian melihat langsung potensi yang sudah ditawarkan. Gubernur sudah buka pintu, tinggal ditindaklanjuti," terangnya.

Alex juga diajak melihat dan meninjau museum paling terkenal di Selandia Baru yakni Museum Te Papa Tongarewa. Di sini Alex diberi pengarahan mengenai pengelolaan museum zaman now oleh CEO museum.

Dengan pengelolaan kekinian yang memadukan sejarah, teknologi, digital dan seni, para tamu diberi tahu bahwa museum bukan hanya bisa dijadikan sebagai tempat edukasi sejarah. Museum juga bisa dimanfaatkan menjadi objek wisata unggulan, bahkan menjadi penyumbang devisa yang besar. (/)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed