Follow detikFinance
Jumat, 15 Des 2017 18:03 WIB

Pertamina Mau Rilis Bright Gas 3 Kg, Berapa Harganya?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menjual Bright Gas ukuran 3 kilogram (kg). Bright Gas 3 kg merupakan produk non subsidi.

Menurut SVP Non Fuel Marketing Pertamina, Basuki Trikora, harga jual gas Elpiji 3 kg non subsidi diperkirakan mencapai Rp 33.000 per tabungnya. Hal ini dengan asumsi harga gas per kg sebesar Rp 10.000-Rp 11.000.

"Saat ini kita masih sama per satuan kilonya dengan Bright Gas 5,5 kg. Per kg Bright Gas Rp 10.000-Rp 11.000," kata Basuki dalam jumpa pers di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).


Bright Gas 3 kg diharapkan menjadi alternatif bagi masyarakat mampu.

"Kita benar-benar mau ambil konsumen yang non subsidi. Karena sekarang distribusinya terbuka, konsumen non subsidi juga tetap saja boleh beli. Nah itu yang akan kita sasar mereka yang berhak atas non subsidi dan yang tidak berhak atas subsidi menjadi sasaran," ujar Basuki.

Agar masyarakat kategori mampu mau beralih ke Bright Gas 3 kg, Pertamina akan memastikan pasokan terus tersedia. Promosi terhadap produk baru ini pun terus dilakukan agar produk ini nantinya bisa semakin dikenal masyarakat yang masuk ke dalam kategori mampu.


"Komunikasi marketing ada, promosi kita lakukan, services kita lakukan," tutur Basuki.

Rencananya, di tahap awal penjualan Bright Gas 3 kg dilakukan di Tangerang Selatan dengan menyasar 200 kepala keluarga (KK). Dari sini, Pertamina melihat pola perilaku konsumen sehingga bisa diperhitungkan berapa pasokan yang akan ditambah di kemudian hari.

"Uji cobanya di daerah kecil sekali, daerah Tangerang Selatan, itu di cluster perumahan, enggak sampai 200 KK di situ. Kita hanya ingin melihat dulu perilaku konsumen apakah mereka masih berminat membeli Elpiji 3 kg yang non subsidi," kata Basuki. (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed