Follow detikFinance
Jumat 15 Dec 2017, 20:00 WIB

Pertamina Jamin Pasokan Elpiji 3 Kg di Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikFinance
Pertamina Jamin Pasokan Elpiji 3 Kg di Yogyakarta Foto: Agung Pambudhy
Yogyakarta - Kebutuhan Elpiji 3 Kg meningkat menjelang Natal dan tahun baru. Pertamina menambah pasokan Elpiji 3 Kg ke masyarakat agar tidak terjadi kelangkaan.

Marketing Branch Manager Pertamina DIY dan Surakarta, Dody Prasetya mengatakan untuk situasi saat ini dipastikan tidak ada kelangkaan. Pertamina telah memberikan tambahan fakultatif. Selain itu juga memberikan tambahan yang dialokasikan ke SPBU-SPBU agar masyarakat lebih mudah mendapatkan.

"Kalau situasi sekarang bisa dipastikan tidak ada kelangkaan, mungkin hanya ada kendala distribusi. Oleh karena itu untuk menghindari panic buying, maka mulai Minggu kemarin sudah diberikan tambahan fakultatif,"kata Dody Prasetya pada deklarasi peralihan gas 3 kg menjadi 5,5 kg bagi ASN (Aparatur Sipil Negara/PNS) di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (15/12/2017).

Sementara untuk menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 juga memberikan tambahan fakultatif. Pihaknya berjanji untuk bekerja sama dengan Hiswana dan Pemda DIY untuk memastikan distribusi sampai ke penggunannya yang berhak. Para koordinator wilayah dan para agen diminta turun ke lapangan untuk memonitor kondisinya. hal ini unutk memastikan bahwa pangkalan menjual 50% dialokasikan untuk pengecer dan 50% harus dijual ke penggunanya.

"Jadi kami tegaskan untuk stok di Yogya cukup dan masyarakat diimbau tidak khawatir,"kata Dody.

Terpisah, sekretaris Tim Pengendalai Inflasi Daerah (TPID) DIY, Sugeng Purwanto mengatakan kebutuhan LPG 3 Kg di DIY yaitu 105.000 tabung/ hari dengan penambahan kuota fakultatif sebesar 8 persen, sehingga mernjadi 110.000 tabung/ hari.

Kelangkaan Elpiji 3 Kg di DIY disebabkan yaitu anomali cuaca, kebutuhan Elpiji 3 Kg di masyarakat meningksat menjelang Natal 2017 dan tahun baru 2018, dan adanya kenaikan harga pada bright gas 5,5 kg. Langkah Pertamina dalam melakukan antisipasi kelangkaan serta stabilisasi harga Elpiji 3 Kg di DIY yaitu dengan memberikan penambahan kuota fakultatif sebesar 5%, 1% dan 2%. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed