Curhat Warga Nabire ke Jokowi, Pernah 5 Kali Sehari Listrik Mati

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 20 Des 2017 18:00 WIB
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Nabire - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek pembangkit listrik tenaga gas (PLTMG) di Nabire, Papua, Rabu (20/12/2017). Saat memberi sambutan, Jokowi meminta berdialog dengan warga Nabire.

"Ini ada masyarakat enggak, Nabire? Ada? Coba maju satu? ibu itu boleh maju silahkan," kata Jokowi meminta salah seorang penduduk untuk maju.

Seorang perempuan bernama Lidya naik ke panggung dan berdiri di samping kanan Jokowi. Awalnya, Jokowi bertanya seputar pemasangan jaringan listrik ke rumah Lidya.


"Bu lidya di rumahnya ada listrik berapa watt?" tanya Jokowi.

"200 watt," jawab Lidya.

"Setiap bulan bayarnya berapa?" sambung Jokowi

"Saya bayarnya per bulan Rp 100 ribu," kata Lidya.


Usai bertanya soal jaringan listrik, Jokowi bertanya tentang pemadaman yang terjadi di Nabire. Lidya mengaku pernah mengalami pemadaman listrik hingga lima kali dalam satu hari.

"Pertanyaan saya, lisyriknya byar pet enggak?" tanya Jokowi.

"Masih, Bapak," jawab Lidya.

"Berapa kali sehari mati listrik?" kata Jokowi.

"Yang saya alami pernah lima kali sehari," jawa Lidya disambut Jokowi sedikit kaget.


Jokowi pun mengatakan bahwa kejadian yang dialami oleh Lidya hampir sama dengan yang dialami dirinya saat menginap di wilayah Sorong. Dirinya pun meminta kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan dan PT PLN (Persero) untuk bisa menyediakan layanan listrik yang baik kepada masyarakat.

"Berarti sama seperti yang di Sorong. Kalau Presiden saja mati tiga kali, pasti rakyat lima kali. Ini mesti hati-hati. Pelayanan kepada rakyat harus diberikan sebaik-baiknya. Harus kita akui kalau masih byar pet. Agar tidak ada yang namanya listrik hidup dan mati, kita harus hargai listrik. Mudah-mudahan sudah tidak ada lagi byarpet di Nabire," katanya.

Tak hanya itu, Jokowi pun mengaku akan kembali mengecek kondisi listrik di Nabire pada malam nanti.

"Malam in saya mau menginap lagi, nginap di Nabire, saya mau cek mati lampu enggak nanti malam," kata Jokowi. (hns/hns)