Follow detikFinance
Selasa, 02 Jan 2018 13:42 WIB

Listrik di Jakarta dan Sekitarnya Sudah Kembali Normal

Fadhly F Rachman - detikFinance
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - PLN telah memulihkan 17 Gardu Induk (GI) yang sempat mengalami gangguan pada pagi tadi. Penormalan keseluruhan GI yang berada di Jakarta berhasil dilakukan pada pukul 11.21 WIB.

Dengan normalnya keseluruhan gardu Induk ini, artinya sistem 150 kV sudah berjalan dengan baik dan pasokan listrik Jakarta-Tanggerang kembali normal.

"Alhamdulillah seluruh Gardu Induk telah kembali normal dan pelanggan kembali bisa menikmati energi listrik. Kami ucapkan terima kasih untuk pengertian dari masyarakat dan kami mohon maaf untuk pemadaman yang sempat terjadi," kata Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN, I made Suprateka dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (2/1/2018).

Made menjelaskan, gangguan teknis pada sistem 150 kV Gandul-Muara Karang sebelumnya telah menyebabkan 17 GI dari 80 GI yang ada di Jakarta terganggu. Untuk itu sejak pagi tadi PLN berupaya penuh untuk melakukan pemulihan tersebut, di antaranya dengan melakukan beberapa manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan .

Saat ini, beban puncak di Jakarta mencapai 5.500 MW. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru seiring dengan mulai aktifnya kegiatan perkantoran dan perindustrian di Jakarta. Upaya PLN ke depan untuk meminimalkan pemadaman adalah dengan percepatan penguatan sistim 500 KV dan GITET di Gandul, Duri Kosambi dan Looping Transmisi Jakarta

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya, Dini Sulistyawati, mengatakan pihaknya telah melakukan penanganan terhadap gangguan yang terjadi. Saat ini, seluruh aliran listrik yang padam di beberapa wilayah tersebut telah kembali normal.

"Kami sudah melakukan penanganan. Pukul 11.25 WIB sudah menyala semua," kata Dini kepada detikFinance.

Dini menjelaskan, wilayah terakhir yang berhasil diatasi gangguannya adalah Bintaro. Saat ini gangguan listrik itu juga telah berhasil diatasi.

"Yang terakhir tadi di Bintaro. Sekarang tidak ada yang mati," kata Dini

Sebelumnya diketahui, adanya gangguan listrik di wilayah Jakarta ini disebabkan oleh gangguan dari subsistem Muara Karang-Gandul pada pukul 07.18 WIB.

Kemudian pada pukul 07.34-08.37 WIB secara bertahap PLN sudah berhasil memulihkan kembali 13 Gardu Induk yang terdampak, sementara untuk 4 Gardu Induk, GI Petukangan, GI Bintaro, GI Muara Karang dan GI Kebon Jeruk masih dalam proses penormalan operasi sistem.

"Subsistem Muara Karang-Gandul ada gangguan, tadi pukul 07.18 WIB. Trafo IBT-nya yang bermasalah," kata Dini.

Untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai daerah yang terkena pemadaman di wilayah Jakarta, dapat dilihat pada aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Google Playstore maupun AppStore, melalui menu Peta Listrik Jakarta, atau melalui tautan http://pelita.plnjaya.co.id/pelita/.

Untuk pengaduan, pelanggan dapat menghubungi CC 123Contact Center (CC), CC PLN 123 dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id. Pelanggan juga dapat mengakses berbagai layanan listrik PLN melalui aplikasi PLN MOBILE. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed