Follow detikFinance
Senin, 08 Jan 2018 23:47 WIB

Jokowi: Blok Mahakam 100% Saya Serahkan ke Pertamina

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Dok. Pertamina Foto: Dok. Pertamina
Rote Ndao - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat kebijakan penting di sektor migas. Jokowi mengatakan pada Januari tahun ini 100% kepemilikan Blok Mahakam diserahkan ke PT Pertamina (Persero).

"Mulai Januari ini, Blok Mahakam sudah 100% saya serahkan ke Pertamina," kata Jokowi saat menghadiri Rakornas 2018 Bara JP yang digelar di Auditorium Tilangga, Rote Ndao, NTT, Senin (8/1/2018).


Kondisi Blok Mahakam selama ini memang belum memuaskan bagi Indonesia. Bahkan, kata Jokowi, satu persen pun Indonesia tidak memiliki saham Blok Mahakam.

"Dulu kita 1% saja kita enggak punya saham. Sekarang 100% kita berikan ke Pertamina," kata Jokowi.


Selain Blok Mahakam, Jokowi juga bicara soal tambang PT Feeeport. Dia mengatakan sedang berusaha menambah kepemilikan saham yang besar bagi Indonesia.

"Freeport lagi diurus. Kita ingin saham kita lebih besar. Nanti kalau sudah rampung, saya akan jelaskan ke bapak ibu semuanya," kata Jokowi.

"Sudah tiga tahun enggak rampung, alot banget. Enggak apa-apa alot asal jangan mau kalah. Mosok dapat 9,3 persen diam saja semuanya. Saya sudah perintahkan minimal 51 persen. Tapi tiga tahun belum tentu rampung," tambah Jokowi.

(jor/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed