Follow detikFinance
Jumat 12 Jan 2018, 12:15 WIB

Sempat Sentuh US$ 70 per Barel, Harga Minyak Turun Lagi

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Sempat Sentuh US$ 70 per Barel, Harga Minyak Turun Lagi Foto: Reuters
Jakarta - Harga minyak dunia turun tipis dari level kemarin. Kemarin, harga minyak mentah dunia menyentuh level tertingginya sejak 2014 yakni di level US$ 70 per barel. Harga naik sebagai dampak pengetatan pasokan di Amerika Serikat.

Hari ini, harga minyak turun. Mengutip halaman Reuters, harga minyak mentah acuan dunia, Brent, berjangka berada di level US$ 69,18 per barrel atau turun 0,1% di bawah harga penutupan terakhirnya.

Sementara itu harga minyak acuan Amerika Serikat West Texas Intermediate (WTI) atau harga acuan minyak Amerika Serikat, minyak mentah berjangka berada di level US$ 63,58 per barrel, atau turun 0,3% di bawah harga penutupan terakhirnya.

"OPEC berhasil mengurangi ketergantungan persediaan dan peningkatan permintaan yang menghasilkan penguatan dalam jangka pendek," kata Sanjeev Bahl, analis dari Edison Investment Research soal prediksi 2018.

Meski mengalami penurunan, analis mengungkap bahwa perdagangan dasar di 2018 akan menguat karena penurunan produksi yang terus berlanjut dari organisasi negara pengekspor minyak, OPEC dan Rusia yang berbarengan dengan pertumbuhan permintaan.

Pengurangan produksi minyak dimulai pada Januari tahun lalu dan masih berlanjut hingga 2018.

"Harga minyak memiliki potensi mencapai harga tertinggi hingga penormalan persediaan," ungkap Bahl.

Persediaan minyak mentah komersil di Amerika Serikat jatuh hampir mencapai lima juta barrel pada pekan hingga 5 Januari menjadi 419,5 juta barrel.

Itu sedikit rendah dari rata-rata lima tahun yang lebih dari 420 juta barrel. Salah satu faktor yang menghambat harga minyak mentah kemungkinan karena pengurangan permintaan dari kilang minyak.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed