Follow detikFinance
Kamis 01 Feb 2018, 21:10 WIB

Jokowi Minta PLN Genjot Pasokan Listrik di NTT, Papua, dan Maluku

Andhika Prasetia - detikFinance
Jokowi Minta PLN Genjot Pasokan Listrik di NTT, Papua, dan Maluku Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (1/2/2018). Salah satu materi yang dibahas dalam pertemuan itu adalah percepatan elektrifikasi wilayah Indonesia Timur.

Menurut Sofyan, Presiden Jokowi meminta PLN mempercepat proses elektrifikasi di Papua, NTT, dan Maluku.

"Pak Presiden meminta dilakukan lebih cepat," ujar Sofyan di Komplek Istana Presiden.


"Kita akan buru. Target elektrifikasi kan 97%, kita sudah sampai 93% koma sekian. 2019 kan 97%, kita lebih cepat," sambung Sofyan.

Dia menjelaskan, upaya memasok listrik ke kawasan Indonesia Timur ini bekerja sama dengan Kementerian ESDM. Sementara ini, ESDM memasok listrik ke daerah terpencil untuk kebutuhan khusus misalnya lampu dan charge telepon seluler.

Nah, selanjutnya, PLN akan memberikan pasokan listrik untuk kebutuhan rumah tangga secara keseluruhan.

"Yang tadinya ESDM, akan digantikan listrik yang tetap. ESDM kan untuk lampu dan charge HP, kita gantikan dengan elektrifikasi yang tetap," tutur Sofyan.


Sofyan menambahkan, PLN menghendaki bisa mendapat pasokan batu bara dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) dan bisa mendapat harga khusus. Hal ini disampaikan ke Presiden Jokowi.

Menurut Sofyan, Kementerian ESDM sedang mengkaji penurunan harga batu bara. Jika tak ada perubahan, keputusan harga batu bara dalam negeri keluar Februari ini.


PLN berharap keputusan tersebut bisa meringankan biaya pengadaan batu bara.

"Mudah-mudahan Februari sudah bisa diputuskan dan tampaknya mudah-mudahan presiden juga mendukung untuk bagaimana PLN bisa mengamankan harga supaya tarif tidak naik," tutur mantan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk itu. (hns/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed