Follow detikFinance
Minggu 11 Feb 2018, 09:10 WIB

Acara Pendahuluan Asian Games Dimulai, Bagaimana Pasokan Listriknya?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Acara Pendahuluan Asian Games Dimulai, Bagaimana Pasokan Listriknya? Foto: Dok. PT PLN Disjaya
Jakarta - Semarak Asian Games 2018 makin terlihat, ditandai dengan digelarnya Invitation Tournament sebagai test event gabungan delapan cabang olahraga yang sudah dimulai pada 8 hingga 15 Februari 2018.

Memasuki hari ketiga, Sabtu (10/2/2018) berdasarkan Laporan petugas di lapangan Kondisi jaringan sampai dengan hari ini dalam keadaan normal dan gedung-gedung dan venue pertandingan aman, hanya dua lokasi diketahui memakai genset yakni Lapangan Panahan GNK dan Hall A basket.

Babak penyisihan pertandingan bola basket 5x5 Asian Games 2018 Invitation Tournament Asian Games yang memasuki hari ketiga, Sabtu (10/2/2018) dipindah jadwal pada minggu (11/2) karena arena pertandingan di Hall A Bola Basket, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, mengalami kendala teknis pada panel listrik instalasi di sisi pelanggan.

PLN pun dengan Sigap langsung menerjunkan Personil nya untuk membatu mengatasi permasalahan tersebut. kendala yang terjadi di box panel, terdapat penambahan beban (AC) sehingga kemungkinan terjadi panas berlebih di box panel.

"Petugas kita tetap standby di sana membantu mereka termasuk ketika ada masalah tersebut. Ada penambahan beban (ac) sehingga panel mereka menjadi panas dan rusak. Untuk arena dari penyelenggara akan tetap pakai genset, sementara untuk gedung pasokan dari PLN. Petugas kami yang standby disana langsung membantu menormalkan kembali walaupun itu adalah ranah dan kerja pada pengelola dan pelaksana Venue , tapi demi Indonesia kita bantu dan dapat normal kembali," Jelas General Manger M Ikhsan Asaad, dalam keterangannya Minggu (11/2/2018).

Kendala teknis seperti Petugas oparator genset dan Pelaksana perbaikan Venue yang kurang mengetahui jalur intalasinya, dapat segera ditangani karena kerja sama dan kordinasi yang sangat baik antara PLN dan INSSGOC sudah terjalin sejak lama.

Salah satu bentuk dukungan penuh PLN Disjaya dalam ajang bergengsi ini adalah dengan menyediakan sarana prasarana kelistrikan yang handal.

"Ke depannya venue-venue yang memakai genset kita arahkan menggunakan 'Powerbank-Express Power Service' ini merupakan inovasi kita untuk memberikan pasokan listrik handal untuk pekerjaan dalam massa konstruksi hingga kegiatan outdoor seperti dilapangan pertandingan, power bank ini anti polusi dan ramah lingkungan dibanding dengan genset, dan mendukung langit biru Jakarta yang bebas polusi," pungkas Ikhsan.

Selain itu PLN akan menyediakan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di setiap venue bagi siapa saja yang membutuhkan listrik selama acara berlangsung, terutama untuk para awak media / pers yang bertugas meliput acara Asian Games 2018 di Jakarta. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed