Follow detikFinance
Selasa, 13 Feb 2018 17:12 WIB

PHE Buka Peluang Kerja Sama Kelola 5 Blok Migas Terminasi Tahun Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: pool/pertamina Foto: pool/pertamina
Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di hulu minyak dan gas bumi siap mengelola lima blok migas terminasi pada tahun ini. Lima blok migas terminasi itu merupakan bagian dari total delapan wilayah kerja migas yang kontraknya berakhir di tahun 2018.

Sebelumnya pemerintah telah menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk mengelola blok migas yang kontraknya telah habis tersebut. Pertamina kemudian telah mendelegasikan lima blok di antaranya kepada anak usahanya, Pertamina Hulu Energi (PHE).

"Lima di antaranya itu diserahkan ke PHE. Yaitu Ogan Komering, NSO (North Sumatera Offshore), Tuban, South East Sumatera, dan dan North Sumatera B (NSB)," kata Presiden Direktur PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Gunung Sardjono Hadi di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

PHE sendiri membuka peluang operator sebelumnya atau mitra baru untuk masuk ke blok terminasi yang diserahkan ke perseroan. Namun, keputusan untuk menggandeng mitra akan ditentukan oleh PT Pertamina (Persero).

"Kami PHE siap kelola 5 blok dengan skema apapun yang dikeluarkan oleh Pertamina ataupun Pemerintah," ujar Gunung.

PHE sendiri bersama dengan SKK Migas akan membahas strategi agar produksi tidak turun meski kelima blok tersebut merupakan blok terminasi. Pertamina Hulu Energi akan menyelesaikan persoalan yang berpotensi menurunkan produksi, seperti sumber daya manusia.

PHE juga sudah mengalokasikan anggaran untuk terus menjaga produksi pada blok-blok terminasi tersebut. Tahun ini, perseroan mengalokasikan investasi senilai US$ 537 juta dengan target produksi minyak sebesar 71.552 barel per hari, sedangkan produksi gas sebesar 776 juta kaki kubik (MMscfd). (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed