Bicara Gas Industri, Arcandra Bandingkan dengan Harga Mobil

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 19 Feb 2018 12:49 WIB
Foto: Michael Agustinus
Jakarta - Kalangan pengusaha masih mengeluhkan harga gas industri yang dinilai masih tinggi. Merespons hal ini, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar angkat bicara soal harga gas industri.

"Kenapa harga gas kita isu-isu yang selalu keluar harga gas di negara kita lebih mahal dibanding negara lain, dan ini tolong dilihat secara benar. Adalah tidak benar harga gas di negara kita lebih mahal dari negara lain," kata Arcandra dalam acara breakfast meeting bertema 'Akselerasi Pertumbuhan Melalui Pendalaman Struktur Industri dan Peningkatan Ekspor Sektor Industri Kimia Tekstil dan Aneka' di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).


Arcandra mengumpamakan harga gas industri dengan konsumen di Indonesia yang membeli mobil Camry. Menurut Arcandra, harga Camry di Amerika setengah dari yang dijual di Indonesia alias lebih mahal, tapi dicari konsumen. Begitu juga dengan harga gas, ada yang murah dan mahal.

"Harga gas ada yang mahal ada murah. Saya tanya gini, kenapa ya, harga Toyota Camry di Amerika setengah dari di Indonesia dan ini kita terima loh harga Toyota Camry lebih mahal di sini," kata Arcandra.


Arcandra menambahkan, harga gas di Indonesia bisa jadi lebih mahal dibandingkan dengan beberapa negara, tapi tidak bisa dipukul rata sebagai yang lebih mahal di dunia.

"Namun demikian kenapa harga gas kita lebih mahal dan lebih murah atau sebaliknya dibandingkan negara lain dan ini harus kita lihat satu persatu," terang Arcandra. (hns/hns)