Follow detikFinance
Sabtu, 03 Mar 2018 13:17 WIB

Jurus BRI Dukung Program BBM Satu Harga di Pedalaman Papua

Niken Widya Yunita - detikFinance
Foto: Agen BRILink Anggi Jaya, layanan perbankan pertama yang memberikan akses keuangan di Kabupaten Pegunungan Arfak (Dok.BRI) Foto: Agen BRILink Anggi Jaya, layanan perbankan pertama yang memberikan akses keuangan di Kabupaten Pegunungan Arfak (Dok.BRI)
Jayapura - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, kembali berinovasi untuk mendorong inklusi keuangan di wilayah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan). Kali ini, Bank BRI mengoperasikan jaringan BRIsat untuk dimanfaatkan oleh Agen BRILink di wilayah yang belum terjangkau sinyal provider seluler yakni di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Jayapura, Kamis (1/3).

Operasional Agen BRILink dengan pemanfaatan jaringan BRIsat ini dalam rangka memfasilitasi akses keuangan penduduk di Pegunungan Arfak yang sebelumnya harus menempuh perjalanan selama 4 jam ke unit kerja perbankan terdekat di Kecamatan Trafi.

"Langkah ini sekaligus mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan BBM 1 harga yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Bank BRI berkomitmen untuk secara kontinyu mendekatkan akses keuangan di wilayah 3T," ungkap Direktur Digital Banking dan Teknologi BRI, Indra Utoyo, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/3/2018).

Pangkalan BBM yang berada di Pegunungan Arfak sebelumnya harus mengeluarkan biaya yang cukup besar guna melakukan transaksi pembayaran transfer via bank di Trafi. Dengan beroperasinya Agen BRILink di Pegunungan Arfak, pengelola pangkalan BBM dan masyarakat kini tak perlu menempuh medan yang berat (offroad) menggunakan mobil double gardan atau 4WD menuju Trafi.

Jurus BRI Dukung Program BBM Satu Harga di Pedalaman PapuaFoto: Dengan memanfaatkan jaringan BRIsat, Agen resmi beroperasi untuk mendukung Program BBM Satu Harga dan inklusi keuangan di wilayah 3T.

(Dok.BRI)

Biaya transportasi yang dikeluarkan menuju Trafi pun terlampau besar dengan merogoh kocek Rp 500 ribu sekali jalan atau Rp 1 juta untuk pulang pergi. Terobosan ini melengkapi beroperasinya kegiatan perbankan BRI melalui Agen BRILink yang telah beroperasi di Jayapura.

Hingga 31 Januari 2018, Bank BRI mempunyai total 2.656 Agen BRILink yang tersebar di Pulau Papua. Diantaranya Kantor Cabang BRI Biak yang memiliki 72 Agen BRILink, Kantor Cabang BRI Jayapura 213 Agen BRILink, Nabire 195, Timika 299, Abepura 362, Bintuni 65, Fak-Fak 115, Sentani 321, Manokwari 248, Merauke 198, Serui 85, Sorong 366, dan Kanca BRI Wamena dengan 177 Agen BRILink.

Sebelumnya, akses Agen BRILink melalui jaringan satelit BRIsat telah beroperasi di Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Teluk Wondama. Adapun di Kabupaten Manokwari, setelah pegunungan Arfak, pemanfaatan Agen BRILink melalui BRIsat akan menjangkau Kabupaten Puncak dan Kabupaten Memberamo Raya. (nwy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed