Follow detikFinance
Sabtu, 03 Mar 2018 16:48 WIB

Ini Manfaat Bus Listrik untuk Transportasi di Bandara Soetta

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II bekerja sama dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) menyediakan fasilitas uji coba untuk bus listrik yang diproduksi MAB. Uji coba akan dilakukan setelah bus listrik tersebut telah mendapatkan sertifikat laik jalan dari Kementerian Perhubungan dan sertifikasi laik produksi dari Kementerian Perindustrian.

Rencananya, AP II akan menggunakan bus listrik produksi oleh PT MAB untuk pergerakan penumpang di sisi darat dan udara bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Dengan moda transportasi bus listrik, diharapkan bisa memodernisasi layanan transportasi di dalam bandara.

"Kita kan ingin mengelola bandara itu makin lama makin maju dan modern. Jadi jangan sama seperti 5-10 tahun yang lalu, artinya jangan nggak ada perubahan. Apa lagi di sisi udara. Ada kendaraan groundhandling, ada kendaraan untuk angkut penumpang, ada kendaraan ngangkut peralatan," katanya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (3/3/2018).


Bus listrik produk PT MAB juga ramah lingkungan, sehingga akan membuat Bandara Soetta sejajar dengan bandara-bandara kelas internasional lainnya di dunia yang telah memanfaatkan teknologi modern.

"Jadi kalau dengan kapasitas besar zero emisi gas buang, biaya operasi yang rendah, saya rasa peningkatan kinerja operasi bandara akan menjadi semakin baik. Dengan teknologi terkini membuat reputasi bandara Soetta sejajar dengan bandara-bandara internasional lain di dunia," katanya.


Saat ini sekitar 170 ribu pergerakan penumpang per hari di Bandara Soetta. Pergerakan di sisi darat adalah pergerakan penumpang dari satu terminal ke terminal lain, sedangkan di sisi udara adalah pergerakan mulai dari turunnya dari pesawat sampai ke terminal.

"Sekarang saja di landside (sisi darat) ada 10. Yang paling banyak di airside untuk groundhandling. Karena kalau di sisi darat kita terbantu sama skytrain. Skytrain kan sudah membantu nih sekarang," pungkasnya.

[Gambas:Video 20detik] (eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed