Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Mar 2018 14:25 WIB

Jonan Minta Pengusaha Tambang Buka Lapangan Kerja

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar, sehingga bisa saling menguntungkan.

"Kita berikan konsesi (izin tambang) pada anda tapi orang sekitar tidak bisa menikmati, akhirnya banyak gejolak sosial," kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Tentunya, pemerintah tidak ingin hal itu terjadi. Maka dirinya meminta perusahaan tambang yang mencari peruntungan di Indonesia tidak sekadar mengejar profit tapi juga bersedia memberikan lapangan kerja bagi tenaga lokal.


Jonan menghargai adanya tanggung jawab sosial perusahaan alias corporate social responsibility (CSR) yang mungkin sudah dilakukan oleh perusahaan tambang. Hanya saja konsep CSR selama ini dianggapnya sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Pasalnya itu tidak berdampak terhadap terciptanya lapangan kerja.

"Konsep CSR menurut saya perlu diperbaiki. Jadi CSR itu menurut saya agak old, ketinggalan. Tapi yang sebenarnya konsep CSR itu diharapkan sekarang punya kearifan lokal misal ciptakan lapangan kerja," jelas Jonan.


Dengan demikian bisa terjalin kerja sama yang baik antara perusahaan tambang dan masyarakat sekitar sehingga bisa menciptakan hubungan yang positif. Terlebih Jonan mengingatkan tidak ada seorang pun yang memiliki sumber daya alam di Indonesia karena sepenuhnya dimiliki negara.

"Saya ingatkan lagi, secara konsititusi tidak ada satu orang pun atau badan usaha yang pernah miliki sumber daya alam di Indonesia. Itu punya negara," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed