Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Mar 2018 14:15 WIB

Jonan ke BPS: Rasio Elektrifikasi Tak Cuma dari PLN, Ada Swasta

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta Badan Pusat Stastik (BPS) menyesuaikan perhitungan rasio elektrifikasi. Menurut Jonan menilai penghitungan rasio elektrifikasi cenderung pada layanan yang diberikan PLN.

Padahal, kata Jonan, penyaluran listrik tidak hanya dari PLN.

"Saya membaca cenderung definisi rasio elektrifikasi diambil dari sama dengan layanan PLN untuk kelistrikan dan ini sudah lebih luas dari itu. Ada offgrid jadi bisa saja di luar PLN, bisa bikin sendiri listriknya dan juga ada independent grid," kata dia di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (16/3/2018).


Dia mencontohkan, sebuah perusahaan di Riau mampu menyediakan listrik untuk 10 ribu orang. Perusahaan tersebut menggunakan pembangkit serta jaringan listrik sendiri.

Menurut Jonan, jika hanya mengandalkan PLN, maka rasio elektrifikasi tidak berjalan seperti yang diharapkan.


"Jadi ini yang kita dorong, kalau nunggu semua layanan dari PLN mungkin rasio elektrifikasi akan berjalan tidak secepat yang kita harapkan," ungka.

Oleh karenanya, Jonan meminta listrik diluar PLN masuk hitungan rasio elektrifikasi. "Kalau tidak, kita tidak akan secepatnya mencapai rasio elektrifikasi 100%," tutup dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed