Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Apr 2018 13:43 WIB

Ke Surabaya, Jonan Kunjungi PLN Jawa Timur dan Bali

Hilda Meilisa Rinanda - detikFinance
Foto: Hilda Meilisa Rinanda Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengunjungi PLN Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (TJBTB) di Waru, Sidoarjo. Dalam kunjungannya, Jonan menilik ruangan Dispatcher, pusat pengatur beban listrik Jawa Timur dan Bali.

Di ruangan, Jonan mendapat penjelasan seputar persebaran listrik di Pulau Jawa dan Bali.

"Di Jatim pertumbuhannya tertinggi kedua setelah Banten, industri di sini tumbuh, jadi kita akan menyiapkan tambahan kapasitas di Jatim," ujar Direktur Regional Bisnis PLN Jawa bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Joko Raharjo Abu Manan saat menerangkan kepada Jonan, Kamis (12/4/2018).

Dalam penjelasannya, Joko juga menerangkan pihaknya memprediksi pertumbuhan beban di Bali yang pada 2021 semakin meningkat. Namun hal ini tidak diikuti dengan penyediaan fasilitas yang diprediksi pada 2021 kondisinya hanya 30%. Joko menambahkan, kendalanya ada pada perizinan yang belum rampung dari pihak Bali.

"Jadi ada kabel laut yang melintas dari Jawa ke Bali. Dari 13 kabel, yang jalan baru empat, dua kondisinya baru sisanya dua sudah dari lama. Kondisinya hanya mencapai 2,5 lah," kata Joko.

Sementara itu, dalam kunjungan, Jonan juga menerima laporan tentang Gas Insulation Substation (GIS) yang memiliki tegangan 150 KV. GIS ini berfungsi menyalurkan listrik ke beberapa gardu induk lain di Surabaya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed