Follow detikFinance
Senin, 16 Apr 2018 19:22 WIB

Ini Cara PGN Caplok Pertagas yang Ditargetkan Rampung Agustus

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana untuk menukar (swap) aset anak usahanya dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN. Langkah ini dilakukan terkait dengan proses integrasi dengan PT Pertagas, anak usaha Pertamina.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Nicke Widyawati mengatakan ada kemungkinan untuk melakukan pengalihan aset Saka Energi yang merupakan anak usaha PGN ke Pertamina. Hal itu dapat dilakukan setelah pengalihan Pertagas ke PGN.

"Bisa jadi (seperti itu), itu salah satu opsi," kata Nicke di Gedung DPR, Jakarta, Senin (16/4/2018).


Nicke menjelaskan dalam melakukan pertukaran anak usaha tersebut, maka perlu dilakukan perhitungan nilai aset terlebih dahulu. Kemudian, harus dipastikan agar peralihan aset tersebut tidak berpengaruh pada kondisi keuangan PGN.

"Yang pasti kan semua divaluasi dulu, mekanismenya seperti apa nanti jangan sampai cashflow-nya PGN bermasalah," kata dia.


Lebih lanjut dia mengatakan bahwa peralihan aset tersebut ditargetkan selesai dalam kurun waktu empat bulan hingga Agustus mendatang. Dia berharap agar semua dapat berjalan dengan lancar.

"Targetnya sih, kapan ya. Empat bulan lah. Kan tanggal lahirnya 11 (April). Maunya sih gitu, mudah mudahan lancar," tuturnya. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed