Follow detikFinance
Sabtu, 12 Mei 2018 18:15 WIB

Antisipasi Puasa dan Lebaran, Pertamina Tambah Stok BBM di DIY

Edzan Raharjo - detikFinance
Depo Pertamina/Foto: Hasan Alhabshy Depo Pertamina/Foto: Hasan Alhabshy
Yogyakarta - Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan konsumsi BBM dan elpiji selama puasa hingga Lebaran, PT Pertamina menambah stok. Senior supervisor comunication PT Pertamina MOR IV DIY-Jateng, Muslim Darmawan mengatakan untuk Premium, Pertalite dan Pertamax Series ada tambahan stok 10 %.

Pertamina juga menambah jenis BBM Avtur karena penerbangan juga mengalami peningkatan. BBM Avtur disiagakan tambahan stock 18 dari rata_rata konsumsi normal yaitu dari 458 KL menjadi 574 KL.

"Penambahan stok avtur ini untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Jawa Tengah dan DIY selama periode puasa dan Lebaran 2018,"kata Muslim Darmawan di cafe iconic Yogyakarta, Jumat (12/5/2018).


Penambahan stok BBM dilakukan karena jumlah kendaraan diperkirakan meningkat 20%-30% untuk arus mudik Lebaran ini.

"Kalau yang kita siapkan itu masih kurang, kita akan tetap tambah,"katanya.

Sementara konsumsi solar diprediksi turun karena ada pelarangan truk mulai 13 Juni itu tidak boleh lewat. Sementara untuk mempermudah akses mengisi BBM untuk kendaraannya selama mudik ditempatkan beberapa unit motorist kemasan, menyebar titik kiosk pertamax yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM Kemasan.


Fasilitas ini akan disebar di beberapa jalur mudik regular, ruas tol serta di jalur wisata yang rawan dengan kepadatan.

"Contoh untuk di wilayah DIY disiapkan 1 SPBU Kantong di jalur wisata jalan Baron dan Jalur Mudik di wilayah Jl Raya Wonosari-Yogya dan Jl Parangtritis,"katanya.

Selain menambah stok BBM 10%, juga menyiapkan tambahan stock 5% untuk elpiji menjadi 3.260.667 tabung di banding rata- rata harian normal 3.104.889 tabung. Kebutuhan LPG di DIY selama puasa dan lebaran ini diprediksi meningkat menjadi 104%. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed