Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Mei 2018 21:11 WIB

Bayar Bensin Motor Wira-wiri Pertamina Bisa Pakai e-Money

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Bensin yang dijual motor wara-wiri milik PT Pertamina bisa dibayar dengan menggunakan e-Money. Retail Fuel Marketing Rayon 4 Pertamina Karesidenan Pekalongan Fachrizal Immanudin, menjelaskan, nantinya dari 200 motor yang akan tersedia di kawasan Jawa Timur akan melayani para pemudik yang antre di SPBU dan rest area.

"Bayarnya bisa pakai e-Money. Itu menghindari antrean panjang karena nunggu kembalian, uang palsu," ujar dia ditemui awak media di sela pantauan kesiapan BBM jelang mudik 2018, Rabu (30/5/2018).

Beberapa bank yang juga sudah kerjasama untuk menyukseskan program motor penjual bensin ini diantaranya BNI, BRI dan Mandiri.

"Pembayarannya bisa cash (uang tunai), bisa juga pakai uang elektronik. Kita siapkan mesin EDC (electronic data capture/alat pembaca kartu)," kata dia.



Namun bagi para konsumen yang ingin membeli bensin di Motor wara-wiri Pertamina hanya diperbolehkan membeli bensin per paket yaitu harga Rp 100.000- 150.000 dan Rp 200.000.

"Boleh Rp 100.000- 200.000 tapi kalau mau isi full juga nggak apa apa," papar dia.

Pihaknya menyediakan 200 unit sepeda motor yang terbagi pada 125 motor di jalir utara, dan 75 sisanya di siapkan di jalur selatan.

Armada sepeda motor tersebut tak hanya melayani pemudik yang lewat jalan tol, tapi juga pemudik yang lewat jalan non tol seperti jalur pantai utara dan jalur pantai selatan.

Ia menjelaskan, masing-masing armada sepeda motor yang dioperasikan tersebut membawa BBM jenis Pertamax dan Pertamina Dex dalam 3 tabung ukuran 10 liter-an.

"Jadi satu motor bawa 30 liter BBM," sambungnya.

Ada pun harga yang dikenakan kepada para konsumen sama dengan harga BBM yang berlaku di SPBU.


(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com