Follow detikFinance
Jumat, 08 Jun 2018 13:55 WIB

Tagihan Listrik Bengkak Seperti Fenita Arie? Begini Cara Lapornya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pelanggan listrik yang mendapatkan tagihan listrik membengkak bisa melaporkan hal tersebut ke call center PLN. Membengkaknya tagihan listrik dilaporkan jika penggunaan listrik sama dengan bulan sebelumnya, namun nominal tagihannya berbeda.

Hal ini juga yang dialami oleh selebritis Fenita Arie. Tagihan listrik di rumahnya bengkak menjadi Rp 18 juta dibandingkan tagihan bulan biasanya sebesar Rp 3 juta.

Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi PLN Disjaya Aries Dwiyanto mengungkapkan, jika pelanggan merasakan hal yang sama bisa langsung melaporkan ke call center PLN di 123.

"Lapor ke call center 123. Jadi sebagai wadah keluhan apapun ada di sana," ujar Aries kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (8/6/2018).


Selanjutnya, laporan tersebut ditindaklanjuti dengan menurunkan petugas PLN ke rumah pelanggan. Petugas akan mengecek meteran listrik pelanggan yang biasanya terpasang di bagian depan rumah.

"Kemudian PLN akan mengecek di lokasi meter pelanggan. Kemudian dicek apakah ada masalah di meternya," kata Aries.

Pelanggan PLN kemudian menggunakan meteran listrik sementara. Sedangkan meteran listrik yang diduga bermasalah tersebut dibawa untuk diinvestigasi oleh petugas PLN.

"Pelanggan pakai meteran sementara," tutur Aries.


Aries juga mengimbau kepada para pelanggan untuk tidak melakukan pengaturan, mengubah, atau menekan tombol tertentu yang dapat mengubah penghitungan meteran listrik.

"Kebanyakan meteran pelanggan diotak-atik. Kemungkinan bukan pelanggannya, mungkin dulu disewakan yang nyewa otak-atik," ujar Aries.

Tonton video Tagihan Listrik Fenita Arie Membengkak Hingga Rp 18 Juta:

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed