Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Jun 2018 13:30 WIB

Konsumsi BBM di DIY Diprediksi Naik 26% saat Libur Lebaran

Edzan Raharjo - detikFinance
Foto: Ragil Ajiyanto Foto: Ragil Ajiyanto
Yogyakarta - Selama masa libur Lebaran konsumsi BBM di Yogyakarta diprediksi akan melonjak. Pertamina menyiapkan langkah antisipasi untuk tetap menjaga ketersediaan BBM di DIY.

Unit Manager Communication & CSR MOR IV Jateng & DIY, Andar Titi Lestari mengatakan di wilayah DIY untuk menjaga ketersediaan BBM disiapkan SPBU kantong. SPBU kantong di DIY tersedia di 3 titik yaitu di jalan raya Yogya-Wonosari KM 8 di Gunung Kidul, jalan Baron KM 5 di Gunung Kidul dan di jalan Parang Tritis KM 15,2 di kabupaten Bantul.

"SPBU kantong ini untuk memperpendek jarak distribusi agar ketika ada saru SPBU alami kekurangan maka SPBU kantong dengan mobil tangkinya akan segera bergerak untuk mengisi SPBU itu. Jadi secara jarak lebih dekat secara waktu lebih cepat,"kata Andar Titi Lestari di Harper Hotel Yogyakarta, Jumat (9/6/2018).


Selain itu, beberapa SPBU juga membuka layanan sampai 24 jam untuk masa libur lebaran ini. Selama masa lebaran ini diprediksi konsumsi BBM di DIY akan meningkat baik itu untuk premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.

"Diprediksi kenaikan hingga 26%. Dari yang konsumsi rata-rata normal harian 1.588.02 KL, menjadi sekitar 1.900an,"kata Andar.

Selain itu, kebutuhan elpiji di DIY selama lebaran diprediksi juga meningkat. Pertamina menyiagakan peningkatan hingga 5% baik yang PSO maupun non PSO. Untuk yang PSO LPG 3 Kg peningkatan bisa sampai 4% yang biasanya 2,9 juta per harinya, untuk masa lebaran ini disiapkan 3,4 juta per hari.


Untuk memudahkan warga mendapat elpiji selama masa Lebaran, disiapkan pangkalan siaga sebanyak 254 yang tersebar di kabupaten/ kota di DIY. Pangkalan siaga ini menyediakan elpiji 3 Kg dan Bright gas. Pangkalan tetap buka pada saat tanggal merah ataupun saat hari lebaran.

"Minggu tetap buka, lebaran juga tetap bisa melayani. Pangkalan siaga ini ciri-cirinya ada sapnduk yang ditempel di pangkalan siaga,"jelas Andar. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed