Follow detikFinance
Sabtu, 16 Jun 2018 17:11 WIB

Pemerintah Minta Pemudik Beli BBM Secukupnya Saat Arus Balik

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar memastikan bahwa Posko Nasional sektor ESDM telah siap untuk arus balik mudik Lebaran nanti. Dia mengatakan bahwa posko tersebut telah disiapkan pada H-15 hingga H+15 Lebaran.

"Posko ESDM itu H-15 dan H+15. Jadi sama seperti sebelum Lebaran, sesudah Lebaran pun posko tetap jalan. Dan kita harap Lebaran ini kelancarannya bisa seperti sebelum H-15. Semuanya sama, persiapan kita baik arus mudik maupun arus balik Jakarta," kata Arcandra ditemui di rumah dinas Menko Perekonomian Darmin Nasution, Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Khusus untuk arus balik, dia memperkirakan waktu puncaknya pada Selasa atau Rabu pekan depan. Dia bilang seluruh satuan tugas (Satgas) sudah menyiapkan kebutuhan masyarakat, khususnya di sektor energi seperti BBM.

"Yang jelas, yang kita antisipasi adalah karena mudik ini kan ada kemungkinan hari Rabu atau Selasa besok yang akan padat, tentu intensitasnya agak berbeda seperti Lebaran yang lebih panjang. Semuanya Satgas kita insyaAllah berjalan," ujarnya.



Dia juga mengatakan, pembelian BBM di Kiosk Pertamax yang disediakan PT Pertamina (Persero) dibatasi untuk antisipasi persediaan BBM. Pemudik diminta untuk bisa menyiapkan BBM kendaraan secukupnya.

Layanan KiosK Pertamax sendiri terdapat BBM kemasan, motor pembawa BBM kemasan dan mobile dispenser atau tangki BBM yang bisa langsung melayani konsumen.

"Iya ini untuk antisipasi, kebutuhan itu datangnya kadang-kadang nggak serentak. Jadi secukupnya biar mereka bisa jalan dengan lancar," katanya.

(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed