Follow detikFinance
Rabu, 20 Jun 2018 15:10 WIB

Jonan Sebut Banyak Balon Udara Tersangkut di Transmisi Listrik

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Balon Udara Tersangkut/Foto: Dok. PLN Balon Udara Tersangkut/Foto: Dok. PLN
Jakarta - Penerbangan balon udara tanpa awak tak hanya merepotkan sektor penerbangan, tapi juga sektor kelistrikan. Setelah balon udara dilepas, banyak balon yang tersangkut di transmisi-transmisi listrik milik PLN.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendapatkan info bahwa pasca Lebaran kemarin petugas sempat sibuk membersihkan balon-balon udara yang tersangkut di transmisi listrik. Di antaranya adalah pembersihan balon udara yang tersangkut di transmisi 150 KV di 2 lokasi transmisi di Tegal dan Wonosobo.

"Meskipun sudah ada 48 balon udara yang disita dan 9 orang ditahan di Polres Wonosobo, masih ada juga yang lolos dua balon udara. Alhamdulillah tidak ada gangguan transmisi," tulis info yang dikirimkan oleh Jonan seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jakarta, Rabu (20/6/2018).


Soal balon udara ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga pernah mengingatkan bahaya menerbangkannya sembarangan.

"Saya sampaikan bahwasanya balon udara ini sangat bahaya. Hal tersebut secara tegas telah termuat dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, bahwasanya penggunaan atau menerbangkan balon udara tersebut dapat dipidanakan 2 tahun atau paling banyak denda 500 juta," tegas Budi. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed