Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Jun 2018 18:58 WIB

VIVO Minta Restu Naikkan Harga BBM ke Kementerian ESDM

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
SPBU VIVO/Foto: Muhammad Idris - detikFinance SPBU VIVO/Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - PT Vivo Energy Indonesia (VIVO) mengusulkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Permintaan itu tak lepas dari kenaikan harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto, mengatakan usulan ini menyusul restu kenaikan harga BBM pada AKR, Shell, dan Total.

"Pengaruhnya terhadap BBM untuk harga minyak yang dijual Pertamina sampai hari ini tidak naik ke masyarakat. Namun yang dijual oleh AKR, Shell, maupun Total sudah kita setujui untuk disesuaikan, untuk dinaikkan. Saya juga baru terima usulan kenaikan harga minyak dari PT VIVO, Pertamina sendiri belum mengajukan sampai saat ini," jelasnya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).


Djoko mengatakan, pihaknya baru menerima usulan tersebut kemarin. Pemerintah akan melakukan evaluasi selama 10 hari sebelum memberi keputusan.

"VIVO baru saja suratnya saya terima kemarin, jadi kita perlu ada kesempatan untuk evaluasi selama 10 hari baru setelah itu baru kita diputuskan," ungkapnya.

Dia menerangkan, harga minyak dunia mengalami kenaikan beberapa waktu. Hal itu memberi dampak pada harga minyak di Indonesia.

"Memang beberapa waktu lalu harga minyak dunia naik, namun demikian kita punya formula untuk harga minyak Indonesia yaitu ICP. Kita punya formula, ada empat formula, dari formula itu sudah kita hitung, sudah kita analisis, dan sudah ditetapkan Pak Menteri. Untuk bulan Mei harga minyaknya US$ 72,46 per barel," jelasnya.


"Untuk Juni, kita sedang analisis Pak Menteri akan menetapkan lagi bulan Juni dan perkiraan kita harganya lebih rendah dari bulan Mei itu pengaruhnya minyak dunia ke Indonesia," sambungnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com