Follow detikFinance
Kamis, 12 Jul 2018 18:49 WIB

Rini Targetkan RI Kuasai Freeport Akhir Juli

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) hingga 51% ditargetkan terjadi pada akhir Juli 2018. Ini terhitung dari komitmen penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Inalum (Persero) dengan Freeport McMoran yang dilakukan hari ini.

"Saya sih targetnya akhir bulan, tapi Pak Budi (Dirut Inalum) minta dua bulan, tapi saya jawab ya kalau bisa lebih cepat lebih baik. Ya saya inginnya akhir Juli supaya nggak ada perpanjangan," kata Rini di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2018).


Rini menjelaskan, Inalum akan mengeluarkan dana sebesar US$ 3,85 miliar atau sekitar Rp 53,9 triliun (kurs Rp 14.000) untuk membeli hak partisipasi Rio Tinto di Tambang Grasberg.

Selain itu, dana tersebut juga dibutuhkan untuk membeli 9,36% saham PT Indocopper Investama yang dimiliki Freeport McMoran.

"Sehingga kepemilikan Inalum ditambah dengan kepemilikan negara jadi 51,38%. Nah, total nilainya dengan ambil hak partisipasi Rio Tinto dan Indocopper itu US$ 3,85 miliar," jelas dia.


Rini menuturkan HoA yang baru saja dilakukan juga akan menjadikan dua perusahaan sebagai pemegang saham, yaitu Inalum dan Freeport McMoran dengan porsi 51%:49% atas PTFI.

"Tinggal proses finalisasi tentang joint venture agreement. Nah ini joint venture kita finalkan, baru kita bayar. Baru dah, Pak Jonan keluarin IUPK," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed