Follow detikFinance
Kamis, 19 Jul 2018 19:35 WIB

Tagihan Listrik Jonan Turun Tajam, Ada Apa Gerangan?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. ESDM Foto: Dok. ESDM
Jakarta - Pemanfaatan panel surya atau rooftop solar membuat tagihan listrik lebih murah. Hal itu diungkapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI.

Jonan sendiri mengaku, rumahnya sudah dipasang rooftop solar. Tidak hanya rumah dinas, namun juga pada rumah pribadinya.

"Rumah saya juga dipasang, rumah pribadi, rumah jabatan juga dipasang. Rumah pribadi bayar sendiri," kata Jonan di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (18/7/2018).


Dia mengatakan, biasanya membayar tagihan listrik hingga Rp 5 juta setiap bulannya. Dengan adanya rooftop solar, tagihannya turun menjadi Rp 1 juta per bulan.

"Saya sudah coba rumah saya pribadi 15,4 kWp tagihan mungkin Rp 5 juta Rp 4 juta, menjadi mungkin nggak sampai Rp 1 juta sekarang," ungkapnya.


Jonan sendiri mengaku, pihaknya tengah berupaya mendorong pemanfaatan panel surya ini. Pemanfaatan panel surya bisa didorong ke pelanggan PLN golongan tertentu.

"Kita akan membuat peraturan untuk mendorong semua pelanggan listrik PLN juga memesan rooftop solar panel pembangkit listrik tenaga surya. Saya nggak tahu animo sebesar apa, tapi kalau ditawarkan kepada pelanggan PLN R1-R4 dan juga golongan bisnis, mungkin pak, bisa dalam 5-10 tahun tambah 10.000 MW," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed