Follow detikFinance
Kamis, 19 Jul 2018 19:52 WIB

Jonan Rapat 3 Jam di DPR Bahas Subsidi, Ini Hasilnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Rapat kerja antara Komisi VII dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menghasilkan sejumlah kesimpulan. Rapat yang dihadiri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan digelar pukul 13.45 ini berakhir sekitar pukul 17.00 WIB.

Rapat ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto.


Selain itu hadir juga Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng, dan Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Rida Mulyana, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, dan Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa.

Kesimpulan tersebut dibacakan Ketua Komisi VII Gus Irawan Pasaribu. Berikut hasil rapatnya:

1. Komisi VII DPR RI sepakat dengan Menteri ESDM RI dalam menyikapi temuan pemeriksaan BPK RI atas sektor ESDM pada LKPP tahun 2017 untuk melaksanakan rekomendasi BPK RI dan melaporkan hasilnya kepada Komisi VII DPR RI.

2. Komisi VII DPR RI sepakat dengan Menteri ESDM RI menindaklanjuti RUKN 2018-2037 dengan melakukan pendalaman melalui FGD/public hearing dengan pihak-pihak terkait dan menghadirkan Dewan Energi Nasional (DEN).

3. Komisi VII DPR RI memahami penjelasan Menteri ESDM RI terkait dengan progres subsidi minyak solar dan LPG tahun 2018 dan proyeksi hingga akhir tahun 2018, serta harga jual eceran BBM dengan melaksanakan langkah-langkah antisipatif dan perbaikan tata kelola subsidi energi sehingga tidak terjadi pelampauan pagu anggaran.


4. Komisi VII DPR RI sepakat dengan Menteri ESDM RI untuk memasukkan biaya penyambungan listrik baru sampai dengan 450 VA dalam subsidi listrik APBN 2019.

5. Komisi VII DPR RI menyarankan kepada pemerintah apabila terjadi perubahan parameter asumsi makro yang menyebabkan terjadinya perubahan besaran subsidi agar ditetapkan dalam APBN Perubahan.

6. Komisi VII DPR RI meminta Menteri ESDM RI untuk menyampaikan jawaban tertulis atas seluruh pertanyaan anggota Komisi VII DPR RI dan disampaikan kepada Sekretariat Komisi VII DPR RI paling lambat tanggal 27 Juli 2018. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed