Follow detikFinance
Sabtu, 21 Jul 2018 13:32 WIB

Mau Jual Aset, Pertamina Punya 21 Anak Usaha

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Jakarta - PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak sektor perminyakan dalam negeri dengan standar internasional. Namun besarnya perusahaan itu, tak menjamin kinerja keuangan Pertamina bisa terus terjaga positif.

Hal itu tercermin dari rencana Pertamina yang berniat menjual aset non strategis untuk bisa menjaga kinerja keuangan tetap sehat. Padahal, Pertamina memiliki puluhan anak usaha yang tergolong untung.

Bekas Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu mengatakan walau memiliki banyak anak usaha yang mendapatkan untung, tak-serta dapat membantu kondisi keuangan induk usaha.


'Aturan Migas Dipangkas, Apa Saja?' Saksikan video selengkapnya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]


"Anak usaha itu tidak ada urusannya. Anak usaha Pertamina kan ada 21. Itu kan masing-masing untung. Nggak ada masalah. (Tapi) Nggak boleh (bantu Pertamina), kan sudah ada konsolidasi itu," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (21/7/2018).

Seperti dikutip detikFinance dari laman resminya, saat ini Pertamina memiliki sebanyak 21 anak usaha yang bergerak di banyak bidang. Mulai dari pengeboran, layanan dan jasa, hingga dana pensiun.

Berikut 21 anak usaha milik Pertamina:


1. PT Pertamina EP berdiri tahun 2005 merupakan usaha hulu di bidang minyak dan gas bumi.

2. PT Pertamina Geothermal Energy berdiri tahun 2006 dan bergerak dalam bidang Pengelolaan dan pengembangan sumber daya panas bumi meliputi kegiatan eksplorasi & eksploitasi, produksi uap dan pembangkitan listrik dan jasa konsultasi, konstruksi, operasi dan pemeliharaan serta pengembangan teknologi di bidang panas bumi.

3. PT Pertamina Hulu Energi berdiri tahun 2002 (d/h PT Aroma) dan bergerak dalam bidang Pengelolaan usaha sektor hulu minyak & gas bumi serta energi baik dalam maupun luar negeri serta kegiatan usaha yang terkait dan atau menunjang kegiatan usaha di bidang minyak & gas bumi.

4. PT Pertamina EP Cepu berdiri tahun 2005 sebagai anak perusahaan PT. Pertamina EP dan tahun 2007 berubah status menjadi anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO), bergerak dalam bidang Eksplorasi, eksploitasi dan produksi di Blok Cepu.

5. PT Pertamina EP Cepu ADK berdiri tahun 2013 sebagai anak perusahaan PT PERTAMINA (PERSERO), yang memiliki wilayah kerja Alas Dara Kemuning yang terletak di Kabupaten Blora Jawa Tengah.

6. Pertamina Drilling Services Indonesia yang merupakan salah satu bagian PT.Pertamina (Persero), bergerak di bidang Drilling Services sesuai dengan namanya, Drilling Services yang dimaksud adalah pekerjaan Pemboran dan Kerja Ulang Pindah Lapisan sumur-sumur migas dan geothermal.

7. PT Pertamina Internasional EP.

8. PT Tugu Pratama Indonesia. Pertamina Hak Partisipasi : 45%, Dana Pensiun Pertamina : 20%, bergerak di bidang Jasa Asuransi Umum, Minyak dan Gas dan Industri operasi Marine Hull.

9. PT Pertamina Dana Ventura. Dahulu bernama YTPP. (Pertamina Hak Partisipasi : 99.93%); bergerak di bidang Investment Portfolio Management Services.

10. PT Pertamina Bina Medika. Dahulu RSPP (Pertamina Tingkat Partisipasi : 98,94%); bergerak di bidang pelayanan kesehatan dan Rumah Sakit di Jakarta.

11. PT Patra Jasa. PT Patra Jasa, (PERTAMINA Hak Partisipasi: 99,98%) bergerak di Hotel/Motel Management, kantor dan sewa properti, termasuk barang-barang eks PERTAMINA dan PT Patra Jasa aset sendiri.

12. PT Pelita Air Service bergerak dalam bidang transportasi udara, Aircraft Charter dan Regular Air Services.

13. PT Pertamina Gas. PT Pertagas berdiri tahun 2007 dan bergerak dalam bidang niaga, transportasi distribusi, pemrosesan dan bisnis lainnya ang terkait dengan gas alam dan produk turunannya, dengan penyertaan modal Pertamina sebesar 99% dan T Pertamina Retail sebesar 1%.

14. PT Pertamina Lubricant, merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013. Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri.

15. PT Pertamina Patra Niaga, berdiri tahun 1997 an yang bergerak di Hilir Migas dalam bidang usaha perdagangan BBM, pengelolaan BBM, pengelolaan armada/fleet, dan pengelolaan depot, teknologi dan perdagangan Non BBM, dengan Penyertaan modal Pertamina sebesar 99,82% dan PT. Pertamina Trans Kontinental sebesar 0,18%.

16. PT Pertamina Trans Kontinental, bergerak dalam bidang Non Tanker Domestik Transportasi untuk industri minyak dan manajemen KABIL Jetty di Batam, Agency, Jasa Underwater dan HOP.

17. PT Pertamina Retail, bergerak dalam bidang Retail SPBU didirikan 01 September 2005 dan baru beroperasi tahun 2006, dengan Penyertaan modal Pertamina sebesar 99,97% dan PT Pertamina Tongkang sebesar 0,02%

18. PT Pertamina Training & Consulting, sebelumnya bernama PT Patra Tridaya dengan partisipasi Pertamina sebesar 91% dan PT Pertamina Dana Ventura sebesar 9%. Sebagai bagian dari Pertamina yang bergerak di bidang Human Capital, Consulting dan Jasa Manajemen Lainnya, PT Pertamina Training & Consulting memberikan kontribusi bagi pengembangan kompetensi Sumber Daya berbasis kepada perkembangan pengetahuan dan teknologi.

19. PT Nusantara Regas, terlibat dalam pengadaan LNG, Penyediaan Fasilitas FSRU dan Fasilitas Lainnya serta penjualan Gas Bumi.

20. Dana Pensiun Pertamina. Mengelola data peserta dan mengembangkan dana guna memenuhi kewajiban membayar manfaat pensiun tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat subyek.

21. PT Patra Dok Dumai, bergerak di bidang Teknologi Pemeliharaan Perbaikan Kapal, sebelumnya bernama Unit Operasi Pertamina.


Mau Jual Aset, Pertamina Punya 21 Anak Usaha
(fdl/ang)
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed