Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Agu 2018 16:20 WIB

PLN Siapkan Power Bank Raksasa Amankan Listrik Asian Games

Rizki Ati Hulwa - detikFinance
Foto: Rizki Ati Hulwa/detikcom Foto: Rizki Ati Hulwa/detikcom
Jakarta - PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Jaya (PLN Disjaya) memastikan pasokan listrik untuk perhelatan akbar Asian Games 2018 aman. PLN juga memfasilitasi power bank dan motor listrik PLN.

"Power bank ini digunakan untuk kegiatan outdoor. Di Gelora Bung Karno (GBK) saja banyak digunakan untuk festival-festival di luar stadion," ujar General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad, Kamis (09/08/2018).


Biaya power bank sebagai alternatif genset ini menurutnya lebih murah 50% dari genset. Dengan menggunakan power bank ini, tidak akan berisik dan tak akan mengotori langit Jakarta seperti genset, biaya genset pun lebih mahal.

"Kalau biaya genset itu Rp 3.200 per kWh, sedangkan power bank hanya Rp 1.600 per kWh," lanjut dia.

Khusus untuk Asian Games 2018, PLN meletakkan kira-kira 4-6 power bank untuk satu venue yang disebar di 54 titik Jakarta-Banten. Power bank tersebut digunakan untuk kegiatan di luar stadion.

"Di wisma altet saja ada 10 power bank. Kan kalau pakai genset berisik, sedang makan akan terganggu oleh suara genset. Pakai power bank selain lebih murah, juga mengurangi emisi Jakarta," tambah Ikhsan.

Pasok Listrik Asian Games, PLN Siapkan Power Bank Raksasa 250 Ribu VAFoto: Rizki Ati Hulwa/detikcom

Dilanjutkannya, satu tabung power bank yang sebesar mobil tersebut bertenaga 250 ribu volt-amperes. Namun ini tergantung kebutuhan, power bank ini juga bisa di sesuaikan berapa daya yang diinginkan.

Power bank ini tak hanya digunakan saat Asian Games saja, tapi juga bisa digunakan bila misalnya ada event organizer yang memerlukan.

"Misalnya event organizer yang ingin menggelar konser, tak perlu lagi mengguankan genset. Tak usah sewa alat, cukup telepon PLN, kami akan datang dan pembayarannya sebanyak daya yang digunakan," ungkap Ikhsan.


Dalam Apel Siaga Asian Games 2018 Jawa Bagian Barat (Jakarta-Banten) Powered by PLN sebagai perwujudan sukseskan Asian Games 2018, PLN juga menyediakan motor listik untuk bisa digunakan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) untuk operasional di beberapa titik Asian Games.

"Motor listrik operasional sudah disiapkan disetiap venue Jakarta-Banten. masing-masing venue ada 5-6 motor listrik," tutur dia.

Pasok Listrik Asian Games, PLN Siapkan Power Bank Raksasa 250 Ribu VAFoto: Rizki Ati Hulwa/detikcom

Pada kesempatan yang sama Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS menambahkan bahwa langkah PLN untuk sukseskan Asian Games ke-18 ini juga dengan memberikan tambahan anggaran diluar investasi dan biaya operasionalnya.

"Kami (PLN) khusus memberikan sponsor atas permintaan pemerintah sebanyak Rp 25 miliar diluar investasi dan biaya operasional yang mencapai Rp 5,7 triliun tersebut. Ini bentuk dari komitmen PLN dukung kesuksesan Asian Games 2018," pungkasnya.


Saksikan juga video 'PLN Ajak Milenial Lihat Perjuangan Melistriki Pedalaman':

[Gambas:Video 20detik]

(ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed