Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Agu 2018 16:56 WIB

Penerapan BBM Euro4 Untungkan Industri Otomotif, Ini Buktinya

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kebijakan pemerintah menerapkan BBM berstandar Euro4 dinilai bakal menguntungkan industri otomotif. Pasalnya akan lebih efisien dalam memproduksi kendaraan yang sebelumnya dibagi dua kategori, berstandar Euro4 dan Euro2.

Asisten Deputi Kemenko Perekonomian Dida Gardera mengatakan, dengan adanya aturan kendaraan harus memiliki standar Euro4 maka pelaku industri otomotif hanya perlu membuat mobil dengan standar yang sama.

"Kemarin itu untuk kita, ekspor itu sudah rata-rata Euro4 sehingga kita alami kesulitan, dan ke depannya mobil-mobil Indonesia kalau pakai Euro4 nggak kesulitan lagi ekspor," ujarnya dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).


Hanya saja untuk dampak ekonominya seberapa besar, menurutnya itu perlu dikaji lebih mendalam, termasuk dampak dari sisi lingkungan terkait penurunan emisi.

"Ke depannya kita akan kaji seberapa besar penurunan emisi, dampak ekonomi dan lain lain," sebutnya.


Namun dia memastikan akan ada penurunan biaya produksi kendaraan jika seluruh kendaraan sudah menerapkan standar yang sama, yakni Euro4, baik untuk dijual di dalam negeri maupun ekspor.

"Dulu harus di-upgrade khusus kendaraan kendaraan mau ekspor mesti ke Euro4, sekarang karena (kendaraan Euro4) akan diproduksi massal, jadi biaya, cost akan turun, harga keluar yang diekspor akan bersaing," tambahnya.


Saksikan juga video 'Keuangan Pertamina Seret, Tapi Harga BBM Kok Terus Ditahan?':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed