Ada Alat 'Penghemat Listrik' Bentuknya Kartu, Pakar Energi: Itu Gaib

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Kamis, 16 Agu 2018 18:28 WIB
Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Saat ini banyak beredar kartu sakti atau Xtra card yang disebut bisa menghemat daya listrik hingga bahan bakar minyak (BBM).

Kartu sakti ini disebut mampu menghemat penggunaan daya listrik, konsumsi BBM, hingga gas Elpiji.

Kepala Laboratorium Pengukuran Listrik Universitas Indonesia Amien Raharjo menjelaskan, semua hal yang diiklankan tersebut Gaib atau bohong.

"Iya kan aneh itu kartu tebal yang katanya bisa hemat listrik, gas dan BBM dengan hanya ditempelkan katanya itu bisa menghemat, bohongnya kebangetan. Gaib," kata dia kepada detikFinance, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat Jumat (16/8/2018).



Kartu ini menjadi viral di media sosial karena dianggap bisa menghemat penggunaan listrik dan bahan bakar minyak. Amien mengatakan masyarakat jangan mempercayai iklan dari kartu tersebut.

"Cara yang sama juga dilakukan di tabung gas Elpiji 3 kilogram (kg). Kartu dipasang di ujung selang gas yang berada di mulut tabung, aneh kan," kata dia.

Sebagai informasi sebelumnya produk ini ditawarkan oleh akun Chairus Mitra Usaha Mandiri dengan judul Xtra Card. Kartu/Alat penghemat daya listrik, bbm dan gas.



Dalam deskripsi iklannya, kartu ini bisa berfungsi melakukan penghematan 3-5 tahun. (dna/dna)