Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Agu 2018 12:49 WIB

Petinggi BP dan Jasa Marga Jadi Direksi Pertamina

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Deretan direksi PT Pertamina (Persero) dirombak pagi tadi. Nama Nicke Widyawati resmi menjabat Direktur Utama Pertamina setelah menjabat sebagai Plt Direktur Utama selama empat bulan.

Selain Nicke, ada juga dua direksi yang dirombak yaitu, Direktur Hulu Pertamina yang tadinya dijabat oleh Syamsu Alam diganti oleh Country Head BP Indonesia, Dharmawan H Samsu. Kemudian Direktur SDM yang tadinya dijabat Nicke digantikan oleh Koeswiranto Kushartanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga (Persero) Tbk.


Deputi bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan digantinya posisi Direktur Hulu Pertamina karena sudah menjabat selama lima tahun. Selain itu, industri hulu Pertamina juga akan dikembangkan ke depan.

"Jadi ini suatu fokus dan pemerintah juga merasa hulu ini akan menjadi salah satu fokus untuk dikembangkan ke depan. Oleh karena itu digantikan oleh pak Dharmawan Samsu. Pak Samsul Alam sudah akan pensiun," jelas Harry saat konferensi pers di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018).

Ia menjelaskan penetapan Dirut Pertamina ini berdasarkan dari persetujuan dan penetapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui tim khusus. Proses serupa juga dilakukan untuk penetapan direksi BUMN lainnya.

"Itu khusus untuk Pertamina itu memang harus melalui tim penilai akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden. Di mana 11 BUMN lain semuanya juga melalui proses TPA termasuk Pertamina," papar dia.


Ia menjelaskan, penetapan dan penilaian Nicke untuk menjadi Dirut Pertamina membutuhkan waktu sekitar empat bulan. Selain Nicke, kata Harry, ada juga calon dari luar Pertamina.

"Beberapa kali juga kami sampaikan bahwa yang disampaikan dan yang diajukan calon yang juga itu sudah diajukan di luar dan di dalam Pertamina dipilih dan ditetapkan presiden dan ibu Rini menyampaikannya dalam SK," kata dia.

Ia menjelaskan dua direksi baru dan juga Direktur Utama Pertamina sudah mulai efektif bekerja hari ini.

"Efektif mulai hari ini," kata dia.


Saksikan juga video 'Pertamina Rombak Jajaran Direksi':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com