Follow detikFinance
Kamis, 06 Sep 2018 15:24 WIB

Bos Pertamina dan Pejabat PLN Merapat ke Kantor Darmin, Ada Apa?

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati merapat ke kantor Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Darmin Nasution, Kamis (6/9/2018).

Nicke yang datang pada pukul 14.11 WIB mengenakan kemeja putih diagendakan akan menghadiri rapat mengenai proyek strategis nasional (PSN).

Dari hasil pantauan, tidak hanya Nicke, ada pula pejabat-pejabat PLN yang datang dalam rapat kali ini yakni Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Supangkat Iwan Santoso.



Dari beberapa PSN yang digarap Pertamina setelah PT Pertamina memiliki Direktur Utama baru, Pertamina berencana akan mengebut pembangunan kilang, terutama kilang di Banjarmasin.

PT Pertamina (Persero) saat ini memiliki enam kilang. Keenam kilang tersebut mampu memproduksi 900.000 barel minyak per hari. Adapun keenam kilang tersebut, antara lain di Dumai, Plaju, Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Kasim di Sorong.

Ia menjelaskan alasan soal mengapa kilang di Balikpapan menjadi prioritas utama. Pembangunan kilang di Kalimantan Timur bisa dilakukan karena lahannya sudah siap.

Sementara itu ada pula proyek PSN yang dimiliki PLN yaitu proyek pembangunan listrik. Selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo Indonesia tengah mempercepat proses pembangunan infrastruktur.



Salah satu proyek besar yang tengah digarap yaitu proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW). Dalam proses pembangunannya, pembangkit listrik ini membutuhkan berbagai komponen dari luar negeri.

Dari dua pryek besar tersebut diisukan pemerintah tengah berencana untuk menunda pengerjaan PSN untuk menguatkan nilai rupiah. Pasalnya dua proyek ini memiliki kebutuhan pembangunan komponen impor yang cukup besar. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed