Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Sep 2018 12:20 WIB

Rumah Warga Lombok Roboh Pasca Gempa, Bagaimana Tagihan Listriknya?

Mustiana Lestari - detikFinance
Foto: TNI Foto: TNI
Lombok - Gempa yang mengguncang Lombok menimbulkan banyak kerusakan, tak terkecuali instalasi listrik. PLN Wilayah NTB menyadari dampak pasca gempa di Lombok, termasuk masalah tagihan listrik untuk pelanggan pascabayar. PLN memberikan jalan keluar pemutihan tagihan listrik bagi korban yang aliran listrik masih menyala namun rumahnya sudah roboh.

"Yang jadi masalah itu listrik pascabayar. Cuma kami punya semacam kebijakan dari direksi khusus daerah bencana pada saat kejadian kita usulkan diputihkan sebulan atau mungkin berhenti sementara dari pelanggan rumahnya," kata General Manager PLN Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka, Senin (10/9/2018).

Rudi menyebut, setidaknya ada 19.000 pelanggan listrik pasca bayar yang sebagian besar merupakan rumah tangga. Meski datanya belum pasti, namun dia memperkirakan ada 1.000 pelanggan yang masih padam namun rekening listrik masih berjalan.

"Itu kita hentikan rekening listriknya kalau mau masang lagi gratis kita punya program itu untuk meringankan bencana dan sudah diterapkan di Aceh, Bantul dan sekarang di sini," sambung dia.


Rudi juga melihat dibandingkan dengan rumah tangga dan industri, beban listrik yang belum pulih ada pada sektor pariwisata. Bahkan bebannya jauh menurun hanya 20% dari beban listrik normal.

"Yang belum normal pariwisata, Senggigi sampai Gili beban listrik sekarang cuma 10-15% dari normalnya sekitar 20 megawatt (MW), sekarang cuma 2 MW karena banyak hotel yang tutup. Mereka pakai biasanya cuma buat penerangan kan biasanya paling banyak itu AC kalau enggak ada AC nggak ada tamu," tambah dia lagi.

Oleh karena itu, dia menyebut perlu upaya berbagai pihak untuk memulihkan kondisi Lombok. Salah satu yang dilakukan PLN bekerja sama dengan RSCM adalah memberikan trauma healing oleh pakar yang rencananya digelar hari ini, Selasa (11/9/2018) sampai Kamis (14/9/2018) untuk korban bencana gempa Lombok.

(idr/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed