Follow detikFinance
Rabu, 19 Sep 2018 21:27 WIB

Hal Ini Bisa Bikin Pemerintah Naikkan Harga BBM

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah saat ini tetap menjaga harga bahan bakar minyak (BBM) untuk tidak dinaikkan. Namun, tidak menutup kemungkinan bila pemerintah nantinya akan menaikkan harga BBM.

Menurut Staf Khusus Presiden Ahmad Erani Yustika mengatakan pada dasarnya saat ini harga BBM belum perlu dinaikkan. Sebab kondisi ekonomi masih dalam kategori aman.


Hal itu seperti yang diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu lalu saat menyampaikan kondisi ekonomi sakarang.

"Kalau APBN dan situasi ekonomi keseluruhan, tidak ada masalah berarti, opsi itu (menaikkan harga BBM) tidak akan diambil," kata dia dalam diskusi media di Bakoel Koffie, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).


Namun, bila kondisi ekonomi mengalami sejumlah hal seperti defisit transaksi berjalan meningkat atau current account defisit (CAD) dan defisit fiskal. Maka, menaikkan harga BBM bisa menjadi solusi.

"Tentu saat tiba-tiba CAD sedemikian tingginya, itu satu tekanan agar jangan sampai di atas 3%. Kedua, defisit fiskal 3%. Sementara ini sih masih di bawah 1% jadi masih relatif aman," ungkapnya.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed