Follow detikFinance
Jumat, 21 Sep 2018 11:17 WIB

Pertamina EP Ngebor Sumur Minyak Pertama di Jambi

Ferdi Almunanda - detikFinance
Foto: Ferdi Almunanda Foto: Ferdi Almunanda
Jambi - Pertamina EP Field 1 Jambi melakukan pengemboran sumur minyak BTP-001 di Kabupaten Batanghari Jambi. Pengeboran sumur minyak ini merupakan yang pertama kalinya di struktur Betung, pasca maraknya illegal drilling atau pengeboran minyak secara ilegal yang dilakukan oknum warga di dua Desa Pompa Air dan Desa Bungku, Jambi.

Pengeboran minyak secara ilegal itu juga menjadi kendala Pertamina dalam memproduksi minyak serta menghambat peningkatan produksi migas.

"Ini adalah pengeboran sumur minyak pertama dilakukan dengan menggunakan rig NT-45/2 milik Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) hingga kedalaman akhir 600 meter. Rencana kerja pengeboran sumur minyak ini sesuai work program and budget (WP&B) tahun 2018,'' kata Asset 1 Legal & Relation Manager M. Rizal Rukhaidan, Jumat (21/9/2018).



Sumur minyak BTP- 001 ini diperkirakan dapat menghasilkan minyak bumi sebesar 200 barel oil per day (BOPD) ini diestimasi akan mampu menghasilkan 200 juta perharinya. Pertamina EP juga berencana akan melakukan pengeboran sebanyak 7 sumur minyak baru di struktur Betung yang merupakan salah satu struktur di Pertamina EP 1 Field Jambi.

"Nilai investasi sumur minyak ini sekitar 4 sampai 6 juta US Dollar. Dan kami sangat berharap bahwa proses pengeboran sumur minyak BTP- 001 ini berjalan sesuai rencana, sehingga dapat meningkatkan lifting migas Pertamina EP kedepannya,'' ujar Rizal.

''Selain itu, dengan beroperasinya sumur minyak BTP- 001 diharapkan bisa menekan maraknya aktifitas pengeboran minyak ilegal (Ilegal Drilling) dikawasan Desa Pompa Air dan Desa Bungku. Karena selain menghambat peningkatan produksi migas, juga beresiko terhadap ledakan, yang mana pengeboran minyak itu dilakukan dengan sangat sederhana dan berdampak hilangnya nyawa,'' sambungnya

Dengan memproduksi migas secara legal, sejak September 2018 Pertamina EP 1 Field Jambi menghasilkan produksi minyak sebesar 3.259 barel oil per day (BOPD) dari target sebesar 3.689 BOPD atau 88 persen dari target. Saat ini produksi tersebut di peroleh dari 11 struktur yang dioperasikan oleh Pertamina EP Jambi



Sementara,pengeboran sumur minyak pertama BTP-001 yang dilakukan oleh Pertamina EP diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat terutama dapat menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) di Jambi.

"Kita sangat senang dengan adanya pengeboran minyak BTP-001 oleh Pertamina EP 1 Field Jambi karena ini dapat berdampak positif tentunya dengan maraknya ileggal drilling. Dan selain itu ini juga dapat menghasilkan pendapatan daerah (PAD) di Jambi, karena menjadikan lokasi produksi minyak,''' ujar Kabid Migas dan EBTKE Dinas ESDM Provinsi Jambi, Zulfahmi.



Saksikan juga video '95% SPBU Pertamina Sudah Salurkan B20':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed