Follow detikFinance
Kamis, 04 Okt 2018 20:37 WIB

Jonan Minta PLN Pasokan Listrik Sulteng Pulih 85% Pekan Depan

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Angga Aliya ZRF Foto: Angga Aliya ZRF
Palu - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meminta pasokan listrik di Sulawesi Tengah (Sulteng) bisa pulih hingga 85% pekan depan. Saat ini, berdasarkan catatan PLN 44% listrik sudah pulih.

"Kalau sudah lewat tanggal 11 itu nanti sudah masuk rekonstruksi. PLN semua yang butuh listrik kalau bisa 85% selesai semua harus dapat listrik, kecuali rumah-rumah yang hancur," ujar Jonan di Palu, Kamis (4/10/2018).


Ia menegaskan bahwa sepekan ke depan pihaknya membantu seluruh pihak terkait untuk memulihkan keadaan daerah terdampak bencana gempa dan tsunami.

Pasokan listrik juga diupayakan bisa melistriki rumah hingga fasilitas umum di Sulawesi Tengah, meskipun pasokan listrik belum normal seutuhnya.

"Daya listrik dipotong nggak apa-apa, yang penting ada listriknya dulu," ujar Jonan.


Perkembangan fasilitas ketenagalistrikan saat ini tercatat GI Talise 1 x 10 MVA + 2 x 30 MVA sudah diperbaiki dan akan siap operasi besok 2 x 30 MVA. Per malam ini 5 dari 7 GI sudah siap beroperasi dan 28 dari 45 penyulang sudah beroperasi malam ini.

"Harapan dalam 3-5 hari ke depan dapat diselesaikan semua," tutur Jonan.

Jonan menambahkan, misalnya rumah daya 900 VA bisa diberikan daya 450 VA. Selain itu, sumur bor juga aka dibangun di 25 titik untuk penyediaan air bersih.

"Sumur bor mau 25 titik tolong pak Kadis koordinasi dengan BNPB perlu di mana saja, karena sumur ini penting (untuk air bersih). Kalau perlu 50 titik lokasinya," kata Jonan. (ara/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed