Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Okt 2018 17:40 WIB

Harga Sewa Mobil Mercy untuk IMF-WB di Bali Capai Rp 10 Juta/Hari

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kendaraan-kendaraan mewah seperti Mercedes-Benz atau Mercy hingga Toyota Alphard habis disewa peserta delegasi acara International Monetary Fund (IMF)-World Bank (WB) di Bali. Untuk memenuhi kebutuhan, para penyedia jasa bahkan mendatangkan kendaraan mewah tersebut dari luar Bali.

Ketua Asosiasi Perusahaan Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo) Bali Nyoman Seniweca mengatakan karena tingginya kebutuhan dibanding ketersediaan mobil mewah tersebut, maksimal tarif sewa juga ikut naik. Kenaikannya bahkan lebih dari 100%.

"Saya sendiri nggak tahu pasti ya (harga sewanya), karena kalau saya pribadi nggak ada unitnya. Tapi dengar-dengar itu sekitar Rp 10 jutaan kalau yang Mercy, kalau yang Alphard sekitar Rp 4 juta. Itu per hari," kata Nyoman kepada detikFinance, Jakarta, Senin (8/10/2018).


"Padahal kalau hari biasa sekitar Rp 2 juta lah (harga sewanya), naik 100% lebih harganya, itu untuk unit tertentu. Tapi kalau unit yang di bawah, yang masih banyak supply itu cenderung masih normal harganya," sambungnya.

Walaupun tarif sewanya selangit, namun mobil-mobil itu sangat laris digunakan para delegasi IMF-WB. Hal itu terlihat dari habisnya persediaan kendaraan mewah.

"Kalau yang jenis itu sepertinya stok habis ya, jadi kawan-kawan pun tidak punya banyak stok, karena unitnya kan mahal itu, miliaran harganya," kata dia.


Sementara untuk kendaraan kelas menengah seperti Toyota Innova dan Avanza, kata Nyoman, tarif sewanya sebesar Rp 600 ribu sampai Rp 1 juta per 12 jam. Untuk mobil jenis ini tak banyak mengalami perubahan dibanding mobil mewah.

"Jadi overall kita sangat rasakan lah dampaknya (IMF-WB), jadi kebutuhan itu lebih banyak dari hari-hari biasanya," tuturnya. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com