Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Okt 2018 18:18 WIB

Kronologi Pengumuman Harga Premium Naik yang Kemudian Ditunda

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ruly Kurniawan Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. Sejurus kemudian, pengumuman baru muncul yang isinya mengatakan bahwa kenaikan harga BBM jenis premium ditunda.

Bagaimana kronologinya?

detikFinance mendapat informasi bahwa bakal ada paparan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sekitar pukul 13.00 WIB.


Dalam informasi tersebut dikatakan, Jonan bakal memberikan paparan pada pukul 16.30 WIB atau 17.30 WITA. Sesuai informasi yang diterima, paparan berlangsung pukul 17.30 WITA dan berlangsung hanya sekitar 12 menit.

"Tak ada tanya jawab," ujar Jonan menyudahi paparannya dan langsung menuju mobil yang sudah sedari tadi menantinya di loby hotel Sofitel Bali, tempat paparan berlangsung, Rabu (10/10/2018).

Tak lama kemudian, muncul informasi bahwa keputusan tersebut ditunda sambil menunggu kesiapan PT Pertamina selaku badan usaha milik negara (BUMN) yang punya tanggung jawab terkait BBM tersebut.


Pukul 17.00 WIB detikFinance melakukan konfirmasi langsung ke Jonan melalui sambungan telpon.

"Sesuai arahan bapak Presiden rencana kenaikan harga Premium di Jamali menjadi Rp 7.000 dan di luar Jamali menjadi Rp 6.900, secepatnya pukul 18.00 hari ini, agar ditunda," sahut Jonan dari ujung telpon. (dna/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed