Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Okt 2018 17:48 WIB

Harga Pertamax Naik, Begini Dampaknya ke Hidup Kamu

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis Pertamax mengalami kenaikan menjadi Rp 10.400 per liter. Sebelumnya, harga Pertamax dipatok Rp 9.500 per liter.

detikFinance melakukan simulasi pada seorang pengendara mobil. Butuh sekitar 4 liter Pertamax dalam sehari untuk menempuh perjalanan pulang pergi sejauh 62 km.

Dengan harga Pertamax yang baru, pengeluaran seseorang untuk pemakaian per hari sebanyak 4 liter bisa mencapai Rp 41.600.
Sementara dengan harga yang lama, pengeluaran harian adalah Rp 38.000 untuk 4 liter Pertamax.

Selisih pengeluaran hariannya hanya Rp 3.600 akibat kenaikan harga Pertamax. Lebih murah dari semangkuk mie instan di warung pinggir jalan.

Namun demikian, dampaknya memang akan cukup terasa bila ditarik dalam rentang 1 bulan dengan perhitungan harga baru, pengeluaran akan meningkat menjadi Rp 1.230.000 dari sebelumnya Rp 1.140.000. Artinya terdapat selisih sebanyak Rp 90.000 di setiap bulannya.

Bagaimana dengan pengendara sepeda motor?

Simulasi dilakukan dengan seorang pengendara motor dengan pengeluaran membeli BBM jenis Pertamax sebesar Rp 20.000 untuk 3 hari.

detikFinance pun mencoba untuk menghitung perbedaan volume bensin yang diperoleh sebelum dan sesudah kenaikan menggunakan uang Rp 20.000.


Hasilnya, dengan harga Pertamax saat ini atau setelah kenaikan, pemotor bisa bisa mendapatkan bensin Pertamax sebanyak 1,9 liter.

Sedangkan, bila masih berpatokan dengan harga Pertamax lama, bensin yang bisa diperoleh sebanyak 2,1 liter.

Artinya, selisih antara volume bbm yang diperoleh setelah dan sebelum kenaikan hanya sebanyak 0,2 liter. (dna/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed