Follow detikFinance
Senin, 15 Okt 2018 14:32 WIB

DPR Panggil ESDM Bahas Energi Terbarukan hingga Batu Bara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Komisi VII DPR RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siang ini.

Dari Kementerian ESDM hadir Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot, dan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana.

Rapat sedianya akan terselenggara pada pukul 13.00. Namun, RDP kali ini baru dimulai pukul 13.45.

Rapat dibuka dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII Syaikhul Islam Ali. Saat membuka, dia menuturkan, rapat ini dihadiri oleh 7 anggota dari 6 fraksi sehingga memenuhi kuorum.

"Yang telah hadir dan menandatangani daftar hadir 7 anggota dari 6 fraksi," kata Syaikhul membuka rapat di Komisi VII DPR Jakarta, Senin (15/10/2018).

"Dengan mengucap bismillah izinkan saya membuka rapat dengar pendapat DPR RI," tambahnya sambil mengetuk palu.


Syaikhul menuturkan, setiap rapat di DPR bersifat terbuka kecuali diusulkan tertutup. Pada rapat ini, dia mengusulkan rapat bersifat terbuka dan terbuka untuk umum.

"Kami usulkan rapat dinyatakan terbuka, setuju ya?"kata Syaikhul.

"Setuju,"saut peserta rapat.

Lebih lanjut, dalam rapat ini terdapat 6 agenda. Pertama, strategi dan implementasi pengembangan energi baru menggantikan BBM. Kedua, program pengembangan energi baru berbasis batubara, coal bed metan (CBM), gassifield coal (GC), dan liquifield coal (LC).

Ketiga, potensi pengembangan batubara di Indonesia untuk pengembangan CBM, GC, dan LC. Keempat, inovasi teknologi untuk pengembangan CBM, GC, dan LC, dan energi baru lainnya seperti hidrogen. Kelima, pengaturan dan tata niaga CBM, GC, LC, dan hidrogren.





Tonton juga 'Kementerian ESDM Dorong Implementasi Kendaraan Listrik di RI':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed