Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Okt 2018 15:39 WIB

Harga Listrik Tak Naik Sampai Akhir 2019, Beratkah buat PLN?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian ESDM mengumumkan bahwa harga listrik diusahakan tidak naik sampai akhir 2019. Hal itu juga langsung diungkapkan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Keputusan tersebut memberikan pertanyaan, apakah memberatkan keuangan PLN selaku operator listrik negara?

Kepala Satuan Komunikasi Corporate PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) (Persero), I Made Suprateka mengatakan langkah tersebut sama sekali tidak memberatkan keuangan BUMN sektor listrik.

"Ya artinya tidak berat, memang sulit kalau statement itu saya terima, tidak seperti itu, artinya memang kewajiban PLN seperti itu sebagai PSO, nah ini menjaga listrik ini tetap nyala," kata Suprateka saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (25/10/2018).


Suprateka menjelaskan, tugas PLN untuk saat ini adalah menjaga listrik tetap menyala di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, bila perlu tarif listrik diturunkan.

"PLN mendukung rencana pemerintah tidak menaikkan harga listrik, PLN itu menginginkan harga listrik turun," ujar dia.

Dia menyadari, perekonomian global yang penuh ketidakpastian memberikan dampak terhadap kinerja PLN. Namun, hal itu masih bisa diredam dengan melakukan efisiensi.

Apalagi, jika harga listrik naik akan memberikan dampak rentetan di sektor perekonomian nasional.

"Karena kalau kita naikkan harga listrik itu, akan berpengaruh terhadap rentetan produksi di sektor UMKM, industri, nah makanya kita coba pemerintah tidak menaikkan harga listrik semoga ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ungkap dia.






Tonton juga 'Serdadu, Inovasi Karyawan PLN Pengukur Sedimentasi Waduk':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed