Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 26 Nov 2018 22:15 WIB

Laporan dari Islamabad

RI Minat Jual LNG dan Bangun Pembangkit Listrik di Pakistan

Arief Ikhsanudin - detikFinance
Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Perwakilan Republik Indonesia bertemu dengan perwakilan dari Republik Islam Pakistan. Salah satu hal yang dibahas adalah soal pengiriman liquefied natural gas (LNG) Pertamina ke Pakistan.

Dalam pertemuan itu, perwakilan Indonesia terdiri dari Dirjen Asia Selatan dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Desra Percaya, Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Iwan Suyudhie Amri, Pertamina, dan lainnya. Sementara itu, perwakilan Pakistan dipimpin oleh Dirjen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Pakistan Imtiaz Ahmed.

Pertemuan itu dilakukan pada Senin (26/11/2018) di Kantor Kementerian luar negeri Pakistan. Salah satu hasil pertemuan itu, disebut Indonesia sedang berkomunikasi dengan lembaga terkait di Pakistan soal penjualan LNG. Komunikasi pun sudah dijalankan sejak kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pakistan pada awal tahun lalu.

"Sejak kehadiran bapak Presiden bulan Januari, intensif komunikasi dengan mitra akan jual LNG ke Pakistan," ucap Iwan, di kantornya, Islamabad, Pakistan, Senin (26/11/2018).


Selain penjualan LNG, Pertamina akan membuat proyek pembangkit listrik ringan di kawasan kecil Pakistan. Pertanian akan bertemu dengan Pakistan Board of Investment untuk tindak lanjut.

"Ada potensi Indonesia bisa partisipasi pembangunan pembangkit listrik sekala kecil, terutama di daerah utara. Kehadiran Pertamina dalam delegasi dalam rangka jajaki itu. Besok delegasi Pertamina akan diterima Bord of Investment Pakistan. Nanti dijelaskan cara investasi dan sebagiannya," kata Iwan.


Menurut Iwan, pertemuan antara Indonesia dengan Pakistan akan dilanjutkan dalam pertemuan antar Menteri Luar Negeri. Beberapa isu terkait ekonomi, politik, dan isu lain akan dibahas.

"Setelah pertemuan ini, pada paruh pertama tahun depan akan dimulai pertemuan tingkat luar negeri," kata Iwan.


Tonton juga 'Jakarta akan Punya Pembangkit Listrik dari Sampah':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com