Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Des 2018 16:58 WIB

Cerita Dwi Soetjipto hingga Ditunjuk Jadi Kepala SKK Migas

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Dwi Soetjipto baru saja dilantik menjadi Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Dia menggantikan pendahulunya Amien Sunaryadi yang memasuki masa pensiun.

Lantas, apa alasan mantan bos PT Pertamina (Persero) ini ditunjuk jadi Kepala SKK Migas?

Dwi menerangkan, pihak Istana telah berkomunikasi dengannya pada minggu lalu. Saat itu, Dwi menjadi salah satu kandidat pimpinan tertinggi SKK Migas.

"Minggu lalu ada dikomunikasikan Istana. Sebelum ada pelantikan semuanya jadi kandidat," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (3/12/2018).


Dwi tak mengetahui alasan dirinya ditunjuk sebagai Kepala SKK Migas. Menurutnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah mempelajari kandidat Kepala SKK Migas.

"Ya apa namanya tentu kan Pak Jonan mempelajari kandidat-kandidat yang ada, dan setelah itu prosesnya saya nggak tahu," ujarnya.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, salah satu tugas Dwi Soetjipto ialah menemukan cadangan migas yang besar. Untuk menemukan cadangan itu, ada sejumlah hal yang perlu dipenuhi.

"Giant discovery itu membutuhkan tiga hal, pertama kita punya teknologi yang berbeda. Kedua, apakah ada human resources yang cukup atau tidak. Yang ketiga, sistem yang kita bikin mampu nggak menggairahkan bisnis ini seperti sediakala," ujarnya.


Soal alasan pemerintah menunjuk Dwi, Arcandra tak menerangkan secara rinci.

"Kan pertanyaan soal giant discovery sudah saya jawab," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed