Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 16:52 WIB

Kendaraan Listrik di RI Diperkirakan Capai 5,7 Juta Unit di 2035

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi mobil listrik. Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi mobil listrik. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Industri kendaraan listrik di Indonesia memiliki prospek yang cukup baik. Berdasarkan perkiraan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), di 2035 akan ada 5,7 juta kendaraan listrik di Indonesia.

Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) Eniya Listiani Dewi menjelaskan, total jumlah tersebut terdiri dari 1,2 juta kendaraan listrik roda 4, dan 4,5 juta kendaraan listrik roda 2.

"Prospek industri kendaraan bermotor listrik ini untuk targetkan sampai 2035 kita inginkan roda 4 bisa ada sekitar 1,2 juta unit di Indonesia, dan untuk roda 2 kita inginkan 4,5 juta unit di 2035," kata dia di Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Tentunya jumlah tersebut akan tercapai secara bertahap. Sementara saat ini payung hukum kendaraan listrik masih disiapkan oleh pemerintah. Targetnya tahun depan terbit.


Melihat pertumbuhan penggunaan motor dengan bahan bakar minyak (BBM) per tahun sebesar 20%, menurutnya harus dimanfaatkan oleh keberadaan kendaraan listrik. Hal itu agar pengguna kendaraan bisa beralih konsumsi bahan bakar.

"Kita ingin industrinya berkembang. Kita tahu pertambahan penggunaan motor BBM yang biasa saja 25% per tahun. Animo masyarakat menggunakan motor itu besar. Kalau di-reduce (dikurangi) dengan motor listrik, kita harapkan bisa segera diimplementasikan," tambahnya.

Dengan demikian, harapannya penggunaan bahan bakar minyak bisa berkurang karena kendaraan sudah menggunakan listrik.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed