Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Des 2018 16:36 WIB

Pakai Teknologi Ini, Isi Daya Mobil Listrik Cuma 15 Menit

Saifan Zaking - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Mobil listrik terbaru harus mengisi ulang baterai yang memakan waktu agak lama. Waktu yang dibutuhkan tidak sebentar untuk mengisi kendaraan listrik.

Beberapa perusahaan seperti BMW, Porsche dan Siemens telah melakukan inovasi teknologi yang dapat membuat super-fast charging menjadi kenyataan.

Teknologi canggih itu telah diumumkan ke publik dan memiliki tempat pengisian hingga 450 kW. Dalam waktu 3 menit saja dapat membuat mobil melaju sejauh 100 kilometer (km) dan hanya 15 menit waktu yang dibutuhkan untuk pengisian sampai penuh.


Kepala Transfer Teknologi Institut Faraday Ian Ellerington mengatakan teknologi ini secara signifikan lebih baik daripada yang sudah ada.

"450 kW secara substansial lebih cepat daripada merek Tesla (120kW), dan ini akan 10 kali lebih cepat daripada charger yang ada saat ini," katanya seperti dikutip dari CNN, Senin (17/12/2018).

Sebab, waktu pengisian yang lama adalah kelemahan utama mobil listrik. Hal tersebut merupakan ketidaknyamanan bagi para pemilik kendaraan tersebut.


Masih banyak pengembangan yang harus dilakukan agar pengisi daya ini dapat digunakan secara praktis. Menurut Ellerington, salah satu permasalahan yang ada di mobil listrik adalah ketahanan.

"Saya yakin tidak ada mobil saat ini yang mampu menerima tenaga sebegitu besarnya dan yang kita butuhkan saat ini adalah baterai generasi baru untuk mengimbangi teknologi tersebut," terangnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed