Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 18 Des 2018 11:42 WIB

Jonan Minta Pengusaha Tak Cuma Bisa Jual Batu Bara

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menilai sumber daya batu bara harusnya bisa digunakan lebih baik dari pada hanya dijual secara mentah. Menurutnya pengusaha industri batu bara harus mengubah cara berbisnisnya.

Jonan menilai saat ini industri batu bara harus meningkatkan nilai produknya jangan hanya mengeruk batu bara dan langsung menjualnya. Batu bara bukan lagi dijadikan barang mentah yang dijual, namun harus diolah menjadi bentuk lain.

"Perspektif internasional sekarang sudah tidak ada lagi coal company, yang ada coal energy company, karena batu baranya itu bisa dikonversi ke bentuk lain. Batu bara harus ada konversinya nilai tambahnya," kata Jonan dalam acara International Energy Agency Coal Forecast 2023 di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (18/12/2018).


Jonan sarankan agar industri mengkonversikan batu bara menjadi energi lainnya. Salah satunya menurut Jonan adalah pengembangan batu bara menjadi bahan bakar avtur untuk pesawat, dia mencontohkan seperti yang ada di China.

"Jika kita ke China, mereka punya konversi batu bara jadi jet fuel (bahan bakar pesawat). Dia bisa ubah (batu bara) jadi avtur buat bahan bakar pesawat terbang sehingga kompetisinya makin kuat," katanya.


Jonan pun menegaskan bisa juga batu bara membantu ketahanan energi nasional. Dia meminta industri batu bara untuk mengembangkan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap).

"Kita harus membangun lebih banyak coal power plant. Tidak ada coal power plant baru di Jawa dua tahun terakhir," ungkap Jonan. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed