ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 17:41 WIB

3.000 Petugas PLN Kawal Pasokan Listrik Jateng-DIY

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Ilustrasi petugas PLN/Foto: Pool/PLN Ilustrasi petugas PLN/Foto: Pool/PLN
Semarang - Beban puncak konsumsi listrik pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan mengalami penurunan. Meski demikian PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng- DIY tetap membentuk tim unit siaga untuk memastikan pasokan listrik aman.

Tim terdiri dari 3.341 personel yang tersebar di seluruh Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mereka akan siaga selama 24 jam dengan sistem shift untuk menjamin pasokan listrik pada Natal dan Tahun Baru.


"Kami siagakan personil ini sebagai bentuk komitmen PLN dalam memastikan kehandalan pasokan listrik selama berlangsungnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2019," kata Senior Manajer General Affair PLN UID Jateng dan DIY, Audi Damal dalam keterangannya, Kamis (20/12/2018).

Audi menjelaskan perkiraan beban puncak listrik di Jateng-DIY saat Natal sebesar 3.638 MW sedangkan pada tahun baru sebesar 3.419 MW pada malam hari. Beban tersebut lebih rendah dari hari biasa karena banyak pabrik dan perkantoran yang libur. Dan untuk diketahui beban di hari biasa yaitu 4.000 MW.

"Menjelang Natal dan Tahun Baru, perkiraan cadangan listrik di Jawa Tengah dan DIY sebesar 1000 MW yang dipasok oleh sistem interkoneksi Jawa-Bali," jelasnya.


Selain kesiapan personil, lanjut Audi, PLN juga memastikan kesiapan dari segi peralatan. Beberapa peralatan penunjang yang disiapkan antara lain 149 buah trafo mobile, 30 buah genset dan 332 kendaraan respon cepat.

Ia gua mengimbau, selama perayaan Natal dan Tahun Baru, layanan Contact Center PLN 123 juga tetap siaga 24 jam melayani pelanggan. Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan dapat menghubungi telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email pln123@pln.co.id. (alg/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com